Advetorial

Resmikan IPA Desa Bila Talabang, Bupati Edi Damansyah: Penyediaan Air Bersih Urusan Wajib Pemerintah

Resmikan IPA Desa Bila Talabang, Bupati Edi Damansyah: Penyedian Air Bersih Urusan Wajib Pemerinta

Akurasi.id, Tenggarong – Komitmen Bupati Kabupaten Kutai Kartenaga (Kukar) Edi Damansyah dalam mewujudkan pelayanan air bersih bagi masyarakatnya perlahan mulai dirasakan. Sabtu (1/8/2020) lalu misalnya, Edi Damansyah diketahui mersmikan satu lagi Instalasi Pengolahan Air (IPA) bersih milik PDAM Tirta Mahakam yang berada di Desa Bila Talang, Kecamatan Tabang.

baca juga: Bupati Kukar Edy Damansyah Berikan Satu Ekor Sapi Kurban Kepada Awak Media

Dalam kesempatan itu, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, keberadaan penyaluran IPA bersih milik PDAM tersebut menjadi salah satu upaya wajib Pemerintah Kukar dalam memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat terhadap penyediaan air bersih.

“Penyedian air bersih ini merupakan urusan wajib pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, tentunya keberadaan IPA ini sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Kukar dalam memenuhi kebutuhan air bersih di 18 kecamatan, salah satunya yang diresmikan sekarang di Desa Bila Talang,” jelas Edi damansyah saat setelah meresmikan IPA Desa Bila Talang sebagaimana dikutip dari Prokam Pemkab Kukar.

Lebih lanjut Edi Damansyah mengatakan, dengan adanya instalasi baru ini diharapkan beberapa desa di Kecamatan Tabang dan sekitarnya bisa memenuhi kebutuhan air bersih. Terlebih lagi dengan kapasitas IPA saat ini mencapai 20 liter per detik. Sehingga dapat memberikan distribusi di beberapa desa di Kecamatan Tabang.

“Kami harapkan IPA bersih milik PDAM Tirta Mahakam ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tentunya tidak ada lagi warga yang belum merasakan atau terpenuhi kebutuhan akan air bersih, karena atas nama pemerintah daerah merasa bersalah dan berdosa apabila warga saya saat ini masih ada yang belum mendapatkan air bersih,” ucap Edi.

Orang nomor satu di Kota Raja –sebutan Kukar- memastikan, bahwa Pemerintah Kukar di bawah kepemimpinannya akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi pelayanan air bersih masyarakat. Secara bertahap, program layanan air bersih akan didorong agar bisa melayani semua desa yang ada di 18 kecamatan di Kukar.

“Tentunya, semua yang bisa kami upayakan untuk memenuhi hak-hak dasar masyarakat, misalnya kebutuhan air bersih, akan kami upayakan semaksimal mungkin. Karena itu menjadi hak masyarakat dan kewajiban pemerintah,” tandasnya.

Setelah peresmian, Bupati Edi Damansyah menutup acara tersebut dengan penyerahan SK Relokasi Desa Muara Pedohon kepada Kepala Desa Pedohon di Desa Bila Talang Kecamatan Tabang. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks