HeadlineIsu Terkini

Riwayat 6 Warga Balikpapan Sebelum Positif Corona, 3 di Antaranya Masih Satu Keluarga

warga balikpapan
Dari 6 pasien positif corona di Balikpapan, diketahui 3 orang di antaranya masih satu keluarga. (Ilustrasi)

Akurasi.id, Samarinda – Balikpapan menjadi daerah dengan jumlah pasien positif virus corona di Kaltim. Tercatat sudah ada 12 warga Balikpapan yang positif corona. Sebanyak 6 orang di antaranya diumumkan positif corona pada, Sabtu (28/3/20) sore menjelang magrib tadi.

baca juga: BREAKING NEWS: Tambahan 6 Pasien Positif Corona Semua Berasal dari Balikpapan

Yang cukup memprihatinkan adalah, ternyata 3 orang di antara pasien positif corona itu, diketahui masih satu keluarga. Berdasarkan riwayat perjalanannya, diketahui jika salah satu dari pasien itu habis pulang dari luar negeri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Andi Muhammad Ishak menyampaikan, 6 warga Balikpapan yang dinyatakan positif, beberapa di antaranya masih memiliki hubungan keluarga. Kemudian pasien lain memiliki riwayat berbeda-beda.

“Pasien positif asal Balikpapan atau bisa disebut BPN07, memiliki umur 49 tahun. Pasien ini merupakan hasil dari tercing kontak dari pasien BPN02 yang melakukan perjalanan ke Jepang, dan merupakan suami dari BPN02,” ungkap Andi.

“Kemudian untuk satu pasien Balikpapan yang lain atau bisa disebut BPN08, adalah seorang laki-laki berusia 17 tahun. BPN08 ini merupakan anak dari BPN02 dan BPN07,” sambungnya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, pasien lain asal Balikpapan yang positif terinfeksi virus corona atau yang selanjutnya disebut BPN09, diketahui berjenis kelamin perempuan berusia 50.

“Pasien BPN09 ini merupakan salah satu peserta pertemuan Sinode di Bogor, Jawa Barat pada tanggal 26-29 Februari 2020 lalu,” ungkapnya.

Kemudian pasien asal Balikpapan lainnya atau yang selanjutnya disebut BPN10, diketahui meruapakan warga asal Banjarmasin dan mengikuti Ijtima Ulama di Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tanggal 19-22 Febuari 2020. Ketika itu, acaranya batal dilaksanakan.

“Pasien sebelum pulang ke Banjarmasin singgah ke Balikpapan, namun sesampainya di Balikpapan, BPN10 mengalami gejala batuk, demam, sesak nafas dan dirujuk ke RSUD Kanudsojo. Dan saat dilakukan tes, BPN10 dinyatakan positif corona,” jelasnya.

iklan-mahyunadi-MAJU-KUTIM-JAYA

Selanjutnya untuk pasien positif asal Balikpapan lainnya atau disebut BPN11, merupakan tracing kontak dengan salah satu peserta sidang Sinode yang ada di Balikpapan, saat bersaman bertemu dengan 14 orang yang dikarantina,

“Dan yang terakhir, pasien asal Balikpapan atau disebut BPN12, merupakan hasil tracing kontak dengan BPN11 dan merupakan suami dari BPN11 yang tracing kontak langsung dengan salah satu peserta sidang Sinode di Bogor,” tandas Andi. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin



Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close