RSUD Bontang

RSUD Taman Husada Terus Menyesuaikan Harga Rapid Test

RSUD Taman Husada Terus Menyesuaikan Harga Rapid Test
Wakil Direktur Pelayanan RSUD Taman Husada Bontang drg Toe Toek Pribadi Ekowati. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan telah mematok batasan harga pemeriksaan rapid test antibodi sebesar Rp150 ribu. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran No HK 02.02/I/2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Antibodi.

baca juga: RSUD Taman Husada Bontang Wadahi Pengaduan Masyarakat

Dalam edaran tersebut menyebutkan besaran tarif tertinggi, berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan rapid test antibodi atas permintaan sendiri.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang saat ini masih menetapkan tarif rapid test senilai Rp205 ribu. Direktur RSUD Taman Husada Bontang dr I Gusti Made Suardika melalui Wakil Direktur Pelayanan RSUD Taman Husada Bontang drg Toe Toek Pribadi Ekowati mengatakan tarif rapid test selalu disesuaikan. Mulanya rapid test berkisar Rp450 ribu. Tak lama kemudian turun menjadi Rp360 ribu.

“Rapid test di awal pandemi harganya sangat tinggi dan sulit didapat. Seiring berjalannya waktu harga rapid turun dan penyedianya sudah banyak. Untuk saat ini turun Rp205 ribu,” kata Toe toek saat ditemui Akurasi.id belum lama ini.

baca juga: Wali Kota Apresiasi RSUD Taman Husada yang Terapkan Safety Briefing Setiap Acara

Toe toek menyebutkan paket rapid test tersebut terdiri dari beberapa komponen, yakni pendaftaran Rp10 ribu, konsultasi dokter Rp20 ribu, surat keterangan kesehatan Rp25 ribu, dan rapid test Covid-19 Rp150 ribu.

Sedangkan paket rapid test yang lebih lengkap seharga Rp345 ribu terdiri dari biaya pendaftaran Rp10 ribu, konsultasi dokter Rp20 ribu, surat keterangan kesehatan Rp25 ribu, rontgen thorax AP/PA Rp90 ribu, pemeriksaan lab Rp50 ribu, dan rapid test Covid-19 Rp150 ribu.

“Nah, di RSUD Taman Husada kami menyesuaikan tarif, mulai dari harga beli alat, biaya pendaftaran, biaya pemeriksaan dokter, biaya surat kesehatan Covid-19. Itu semua ada nominalnya ditambah menyesuaikan harga rapid yang berubah,” jelasnya.

Kepada media ini Toe toek menjelaskan harga rapid test di RSUD Taman Husada Bontang selalu dikoreksi. Kata dia, saat ini rapid test di rumah sakit yang terletak di Jalan Letjend S Parman Nomor 1 Bontang Barat ini dalam tahap penyesuaian sesuai SE Kemenkes.

Toe toek membeberkan saat SE Kemenkes turun pada 6 Juli lalu, bertepatan pihaknya juga baru mengubah harga rapid test senilai Rp205 ribu dan telah ditandatangani direktur RSUD Taman Husada Bontang.

“Karena sudah terlanjur kami beli rapid sebelum harganya turun. Bahkan masih ada rumah sakit yang harganya juga lebih dari itu karena pas awal beli pas rapid masih mahal dan susah. Tapi kami masih berusaha ke angka sesuai anjuran Kemenkes,” paparnya.

“Sejalan dengan waktu semakin ke sini harga terus kami koreksi, jika beli murah maka harga dikoreksi lagi,” pungkasnya. (*)

Penulis/Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks