HeadlineIsu Terkini

Rumah 5 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Bupati Ismunandar Ikut Diobok-Obok, KPK Sita Sejumlah Dokumen

Rumah 5 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Bupati Ismunandar Ikut Diobok-Obok, KPK Sita Sejumlah Dokumen
Penyidik KPK turut melakukan pengeledahan ke rumah 5 tersangka kasus korupsi yang menyerat Bupati Kutim Ismunandar. (Istimewa)

Akurasi.id, Sangatta – Pendalaman terhadap kasus dugaan korupsi Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar terus dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kamis (9/7/20) lalu misalnya, komisi antirasuah secara diam-diam melakukan pengeledahan di rumah 5 orang tersangka yang ikut terseret kasus dugaan korupsi Bupati Ismunandar.

baca juga: Ismunandar Jadi Tersangka dan Ditahan KPK, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Ditunjuk Plt Bupati

Selain dalam rangka memperkuat bukti atas kasus dugaan korupsi Bupati Ismunandar dan ditetapkannya 7 orang tersangka dalam perkara kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang berlangsung di salah satu restoran di Jakarta itu, komisi antirasuah mencium jika masih ada sejumlah proyek lain di Kutim yang menjadi lumbung korupsi.

Sebagaimana data yang diterima media ini dari KPK, rumah 5 orang tersangka yang ikut digeledah atau diobok-obok KPK yakni, rumah Kepala Bapenda Kutim Musyaffa alias MUS, rumah dan kantor Adytia Maharani alias AM selaku kontraktor. Kemudian rumah Lila Mei Puspita alias LLA selaku rekanan pekerjaan Bupati Ismunandar, Rumah SST/CV Bulanta (Sesthy) selaku kontraktor, dan terakhir rumah Deki Ariyanto alias DA selaku rekanan.

Sebagaimana rilis diterima media ini, Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri menerangkan, serangkaian pengeledahan yang dilakukan tim penyidik KPK, baik di Pusat Perkantoran Pemerintah Kutim maupun di rumah 5 orang tersangka lainnya, dalam rangka mendalami kasus dugaan korupsi yang menyeret Bupati Ismunandar.

baca juga: Sekda Irawansyah dan 4 Pejabat di Kutim Diperiksa KPK selama 13 Jam, Total 10 Kantor Digerebek, Ada Uang Ikut Diamankan

Dari penggeledahan di rumah 5 orang tersangka itu, penyidik KPK melakukan penyitaan terhadap sejumlah dokumen barang bukti. “Sedikitnya ada lima tempat menjadi sasaran untuk dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan,” sebut Fikri singkat Jumat (10/7/20) kemarin.

Ia menyebutkan, hampir semua dokumen yang disita dari rumah atau kantor 5 orang tersangka, hampir semuanya berkaitan dengan kasus dugaan korupsi yang menyeret mereka, serta Bupati Ismunandar dan istrinya Encek UR Firgasih selaku ketua DPRD Kutim.

“Dari lima tempat tersebut, Tim Penyidik KPK melakukan penggeledahan dan penyitaan berbagai macam dokumen-dokuken yang terkait dengan perkara guna menguatkan pembuktian berkas perkara kepada tujuh tersangka,” ujar Fikri. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Dirhanuddin

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close