Advetorial

Sambut IKN di Kukar, Chairil Anwar: SDA dan SDM Kita Harus Siap

Sambut IKN di Kukar, Chairil Anwar: SDA dan SDM Kita Harus Siap
Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar, saat menyampaikan usulan kepada Wamen Agraria dan Tata Ruang RI. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Bertahanan Nasional melaksanakan pembahasan mengenai Rencana Tata Ruang (RTR) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Ibu Kota Negara (IKN) yang rencananya akan berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Baca juga: Bupati Kukar Edy Damansyah Berikan Satu Ekor Sapi Kurban Kepada Awak Media

Pembahasan dilaksanakan di Crystal Room di Hotel Mercure Samarinda pada pukul 08.30 Wita. Acara ini dihadiri pelbagai stakeholder IKN seperti Wakil Menteri ATR/BPN Nasional Surya Tjandra, Direktur Bina Penataan Bangunan selaku perwakilan Kementrian PUPR Ditjen Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Selain pejabat pusat, turut hadir Wakil Bupati Kukar H Chairil Anwar, yang mewakili Kabupaten Kukar yang nantinya akan dijadikan penunjang IKN. Dalam penyampaiannya, Chairil mengatakan bahwa Kabupaten Kukar sudah 100 persen menjadi penunjang IKN.

“Lahannya sudah kami siapkan, jadi tinggal soal teknisnya saja lagi. Dari itu selain agenda ini, nantinya kami akan jadwalkan pertemuan kembali bersama Kementerian Tata Ruang untuk membahas usul-usulan kami,” jelas Chairil Anwar saat diwawancarai di sela-sela agenda, Kamis (13/8/20).

Saat ini, kata Chairil, pihaknya juga sedang mempersiapkan Kukar dalam mencukupi Sumber Daya Alam (SDA) seperti halnya pertanian dan perikanan.

“Jangan sampai kita impor-impor beras, ikan di daerah-daerah lain, kalo bisa kita yang sediakan sendiri. Oleh dari itu kita saat ini tengah membahas kesiapan SDA kita terutama bidang pertanian dan perikanan, ” terangnya.

Sambut IKN di Kukar, Chairil Anwar: SDA dan SDM Kita Harus Siap
Suasana pembahasan mengenai RTR dan RDTR IKN. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Selain SDA, Chailir juga berpesan kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda dalam mempersiapkan dirinya dalam menyambut Kukar sebagai IKN.

“Masyarakat Kukar jangan sampai jadi penonton, terutama kepada anak-anak muda harus mempersiapkan diri, jangan mau kalah dengan orang-orang luar,” pungkasnya.

Diskusi yang dilaksanakan selama kurang lebih 7 jam ini membahas bagaimana perencanaan pembangunan IKN dari konsep, teknis pelaksanaan, hingga dampak ekologis dan sosial ekonomi yang mungkin terjadi dengan dibangunnya calon pusat pemerintahan Republik Indonesia tersebut.

“Apa yang direncanakan ini tentunya akan berdampak dan berimplikasi terhadap pelaksanaan kegiatan di kemudian hari,” sebut Andi Asnaedi, Kepala ATR/BPN Kaltim dalam sambutannya.

Andi, sebutan akrabnya, dia memaparkan bahwa konsep pembangunan IKN ini sangat besar. Ia menyampaikan bahwa realisasi IKN diharapkan mampu sesuai dengan konsepnya.

“Perpindahan ibu kota ini adalah hal yang besar, sehingga apa yg hari ini yang kita lakukan dalam konsultasi publik bukan saja menunaikan kewajiban, tapi bisa menghasilkan sesuatu yang nyata dan bisa di realisasikan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks