Corak

Sampah Plastik Sumbat Pipa PDAM

TERSUMBAT: Sampah plastik telah mengganggu pengaliran air di PDAM Unit Bengalon. Karenanya, sejumlah petugas perusahaan ini melakukan pengecekan sampah plastik yang ikut tersedot di pipa air. (Humas PDAM Tirta Tuah Benua Kutim)

Akurasi. id, Kutim Aktivitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Unit Bengalon terganggu. Penyebabnya, sampah plastik yang masuk ke dalam pipa intake. Akibatnya, operasi intake dihentikan sementara.

Kepala PDAM Unit Kecamatan Bengalon, Syafril Magribi menuturkan, pukul 10.12 Wita karyawan mendeteksi permasalahan di intake. Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan sampah plastik yang ikut tersedot sehingga menyebabkan pipa tersumbat.

“Penyumbatan akibat sampah plastik dan sampah karung,” ungkapnya saat dikonfimasi via telpon, Kamis (7/2) lalu.

Dia menambahkan, akibat penyumbatan tersebut, operasi mesin intake Unit Bengalon dihentikan selama waktu perawatan. Namun proses itu tidak memakan waktu yang lama.

“(Air) akan mati sekitar satu hingga dua jam. Setelah itu akan normal kembali,” sebut Syafril.

Terhentinya operasi PDAM itu tidak akan menganggu pelayanan air di masyarakat. Sebab pengaliran air dapat menggunakan pompa dan gravitasi.

“(Air) tetap mengalir (di rumah-rumah warga). Kita gunakan gravitasi untuk mendistribusi air,” bebernya.

Ke depan PDAM akan memperbaiki intake. Syafril menyebut, wadah itu akan dibuat lebih baik guna mengantisipasi permasalahan yang kadang muncul di pipa pengaliran air.

“Sudah diusulkan pembuatan dermaga. Untuk bentuknya akan dibuat oleh Bagian Perencanaan Teknik kami dari Kantor PDAM Pusat di Sangatta,” tutupnya. (*)

Penulis: Ramlah
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (1 Review)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close