CorakHeadlineIsu Terkini

Tausiah Perdana, UAS Ajak Beramal Harta

Tausiah Perdana, UAS Ajak Beramal Harta
Detik-detik kedatangan UAS ke Masjid Al-Kautsar. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Tausiah perdana Ustaz Abdul Somad (UAS) di Kota Taman sukses memukau Jamaah yang hadir di Masjid Al Kautsar Badak LNG, Minggu (24/2) siang kemarin. Dengan gaya khasnya yang humoris serta logat melayu kentalnya, ustaz kelahiran Asahan, Sumatra utara ini mampu mencerahkan jamaah yang hadir akan pentingnya mentaati hukum-hukum Islam. Salahsatunya dengan beramal harta.

Sejak pukul 10.00 Wita, masjid berlokasi di Perumahan Badak LNG ini mulai dipadati jamaah. Ribuan jamaah dari penjuru Bontang antusias datang ingin menyaksikan siraman rohani yang disampaikan oleh dai yang populer di media sosial youtube tersebut.

Bahkan panasnya mentari siang itupun tak menyurutkan animo Jamaah. Mendekati waktu zuhur, jamaah justru semakin membludak. Meluber hingga teras-teras masjid, sampai pelataran parkir. Beruntung panitia sudah menyiapkan tarup-tarup untuk menampung luberan Jamaah.

Tausiah Perdana, UAS Ajak Beramal Harta
UAS saat mengisi kuliah zuhur di Masjid Al Kautsar sekira pukul 13.30 Wita. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Tepat pukul 13.30 wita, sekira setengah jam usai Salat Zuhur, UAS tiba di tempat. Begitu memasuki pintu masjid, segera disambut pekikan takbir jamaah yang membahana. Diawali dengan tilawah, langsung disambung ceramah.

Dalam ceramah perdananya itu, Dosen UIN Suska, Riau ini mengajak jamaah yang hadir agar mau menyisihkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang membutuhkan. Karena amal harta merupakan salahsatu amalan salih yang menjadi bukti keimanan kita.

“Kalau sudah memantapkan akidah dengan memurnikan ketauhidan kepada Allah SWT, segeralah beramal salih untuk membuktikannya,” ujar UAS.

Dijelaskannya, sebelum beramal salih jamaah diajak untuk memurnikan ketauhidan. Jangan sampai menyembah selain Allah SWT. Bersihkan dahulu keimanan kita dari penyembahan-penyembahan selain kepada Allah SWT.

“Jangan lagi kita menyembah kayu, cincin, air terjun, dan lain sebagainya. Sembahlah hanya Allah SWT,” tegasnya.

Tausiah Perdana, UAS Ajak Beramal Harta
Jamaah yang hadir sampai meluber ke pelataran parkir Masjid Al Kautsar. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Setelah iman mantap dan tauhid bersih, barulah kita mengoptimalkan amalan salih. Salahsatunya dengan beramal harta. Banyak cara bisa menyisihkan harta. Mulai dari yang wajib, yaitu zakat hingga berikutnya infaq, sedekah, wakaf, wasiat, dan hibah.

Dengan gaya humornya Iapun menceritakan kasus-kasus orang yang tidak mau beramal harta. Mulai dari pak haji yang kehilangan seluruh hartanya, hingga yang mengalami sakit karena pelitnya mengeluarkan rezki yang telah dikaruniakan Allah.

“Bukan mau manakut-nakuti, cuma mau cerita aja,” candanya yang disambut tawa seluruh jamaah.

Di akhir tausiahnya, UAS menekankan agar jamaah jangan pelit dan bakhil. Sisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk orang yang membutuhkan. Ditegaskannya lagi, jangan sampai Allah SWT mencabut nikmat harta yang pernah diberikan kepada kita, karena tidak mau menyisihkan harta.

Usai ceramah sepanjang 60 menit, UAS melanjutkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan jamaah sekira 30 menit. Pertanyaan yang dituliskan di selembar kertas itupun dijawab dengan lugas, serta tidak ketinggalan gaya kocak khas melayunya tersebut. Kuliah zuhur inipun diakhiri tepat pukul 15.00 Wita. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Yusva Alam

5/5 (2 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close