Hard NewsHukum

Tergiur Motor Tetangga, Pria Pengangguran Nekat Cungkil Rumah dan Bawa Kabur Honda PCX

honda PCX
Very harus mempertanggungjawabkan perbuatannya karena terbukti mencuri. (Dok Polresta Samarinda)

Akurasi.id, Samarinda – Berbagai macam cara dilakukan sebagian orang agar memenuhi keinginannya. Namun tak sedikit di antaranya yang justru memilih jalan pintas dan harus berhadapan dengan aparat penegak hukum. Seperti yang dilakukan Very Budi Prasetya. Pria berusia 31 tahun ini diketahui merupakan seorang pengangguran yang nekat mencuri motor tetangganya, pada 17 Oktober lalu, sekira pukul 04.00 Wita.

Baca Juga: Demi Uang Rp110 Ribu, Jukir Ini Nekat Curi Belasan Sangkar Burung

Kejadiannya di Jalan Bendungan, RT 15, Sambutan. Pria pengangguran ini berhasil menggasak motor Honda PCX bernopol KT 2825 WO milik Muhammad Syukur. Dari informasi dihimpun, Very tergiur saat melihat kendaraan tetangganya itu, saat sedang terparkir di pelataran rumah. Niat pun sudah dibulatkan Very, ia akhirnya mencungkil jendela rumah Syukur dan secepat kilat merangkak masuk.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Very tak perlu bersusah payah mencari kunci kendaraan, karena tergantung tak jauh dari jendala yang berhasil dibobolnya. Dengan cepat Very kembali keluar dan langsung menggondol motor matic yang memiliki harga cukup mahal tersebut.

Very tak menjualnya. Melainkan ia pakai secara pribadi. Namun untuk menyamarkan jejak hasil curiannya. Very mengganti plat nomor kendaraan itu menjadi KT 3800 IJ. Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga, cocok disematkan kepada Very. Langkahnya harus terhenti setelah polisi berhasil melacaknya, sekitar dua bulan setelah ia menggunakan motor Honda PCX tersebut, tepatnya pada Kamis (5/12/19) malam lalu.

“Dia termasuk licin untuk ditangkap,” ucap Kasat Reskrim Polresta Samarinda AKP Damus Asa.

Karena lihai dalam berkendara, petugas sempat dibuat kewalahan. Namun jejak Very terus dibuntuti, hingga akhirnya ia berhasil diamankan ke kediamannya tak lama setelah tiba. “Setelah itu baru kami tangkap,” lanjut Damus.

Very tak bisa berkutik saat petugas kepolisian membekunya di kediamannya. Terlebih lagi ketika polisi berhasil menemukan plat kendaraan asli motor curiannya. Lebih jauh Damus menerangkan, Very saat itu beraksi ketika sang pemilik sedang terlelap.

“Saat korban tidur barulah tersangka melancarkan aksinya,” imbuhnya.

MAHYUNADI

Di hadapan media pun, Very mengaku jika ia telah menganggur cukup lama, dan aksi pencurian itu merupakan yang pertama kali ia lakukan.

“Baru ini Pak, saya pakai sendiri saja, enggak di jual,” terangnya.

Lantaran tak bekerja dan menginginkan cara pintas yang instan, akhirnya mengantarkan langkah Very menuju bui. Kendati tak menjual,  namun hukum tidaklah berlaku surut. Atas perbuatannya, kini Very harus mempertanggungjawabkannya di mata hukum. Ia dijerat dengan Pasal 363 KUHP. (*)

Penulis: Muhammad Upi
Editor: Yusuf Arafah

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close