HeadlinePolitik

Terima Rekom Partai Gerindra, Mahyunadi-Kinsu Kantongi 14 Kursi 4 Parpol Pengusung, Bontang ke Neni-Joni

Terima Rekom Partai Gerindra, Mahyunadi-Kinsu Kantongi 14 Kursi 4 Parpol Pengusung, Bontang ke Neni-Joni
Ketua DPD Gerindra Kaltim Andi Harun menyerahkan rekom dukungan calon kepala daerah kepada Wakil Bupati Kutim Lulu Kinsu yang berpasangan dengan Mahyunadi sebagai Bupati Kutim. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – DPD Partai Gerindra Kaltim mengeluarkan sembilan Surat Rekomendasi (SK) pencalonan kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2020, Rabu (5/8/2020) sore tadi. Penyerahan SK itu berlangsung di Hotel Selica Samarinda.

baca juga: Patut Diwaspadai, Jelang Pilkada Kutim 2020, Akun Medsos Bodong Menjamur, Banyak Tebar Kebencian

Dari sembilan rekomendasi bakal calon kepala daerah di Kaltim, hampir semuanya merupakan tokoh yang tidak asing di telinga masyarakat. Salah satunya petahana Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) yaitu Edi Damansyah. Pria yang masih menjabat sebagai Bupati Kukar ini pun direkomendasikan oleh DPP Gerindra untuk berpasangan dengan Rendi Solihin.

Selain itu rekomendasi bakal calon Wali Kota Samarinda pun juga telah keluar dari partai bergambar kepala garuda ini. Bakal paangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda yang diusung adalah Andi Harun dan Rusmadi.

Tidak hanya itu, untuk di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Partai Gerindra melayangkan rekomendasinya kepada Mahyunadi dan Lulu Kinsu sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Dengan keluarnya rekom itu, untuk Mahyunadi-Kinsu telah mengantongi sebanyak 14 kursi dari 4 partai pendukung, PKB, PAN, Golkar dan Gerindra sendiri.

Sedangkan Kota Balikpapan pun merekomendasikan Rahmad Mas’ud dengan Sabaruddin. Namun Ketua DPD Gerindra Kaltim Andi Harun mengatakan, ada 2 daerah yang suratnya belum dikeluarkan rekomendasinya. Kedua daerah itu antara lain Kota Balikpapan dan Kabupaten Berau.

Terima Rekom Partai Gerindra, Mahyunadi-Kinsu Kantongi 15 Kursi 4 Parpol Pengusung, Bontang ke Neni-Joni
Ketua DPD Gerindra Kaltim Andi Harun juga menyerahkan rekomendasi partai kepada Neni Moerniaeni sebagai calon wali kota Bontang berpasangan dengan Joni. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

“Khusus untuk Kota Balikpapan penyerahan dukungan tidak diberikan karena bakal calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud juga mendapatkan rekomendasi dari PDI-P. PDI-P mencalonkan Thohari Aziz sebagai calon wakil wali kota berpasangan dengan Rahmad Mas’ud,” jelas Andi Harun saat diwawancarai awak media setelah menyerakan SK.

“Namun perkembangan terakhir partai pengusung memberi dukungan kami melihat alternatif calon yang lain. Kami beri waktu semninggu seperti apa sikap final bakal calon (dengan telah keluarnya SK itu),” tambah Andi Harun

Sebagai ketua DPD Partai Gerindra Kaltim, Andi Harun berpesan kepada semua pengurus partai di kabupaten/kota untuk mendukung penuh calon yang telah diusung. Jika ada yang menolak, maka dia tidak segan-segan memberi sanksi.

“Dengan diserahkan SK pada hari ini, sesuai perintah partai, kepada DPC dan kader partai, untuk totalitas memenangkan pilkada di masing-masing daerah, jika ada DPC dan anggota kader yang menolak mendukung, kami akan kenakan saksi,” tegasnya.

Berikut daftar kepala daerah di Kaltim yang juga diusung Partai Gerindra di Pilkada Serentak 2020. Untuk Kabupaten Kutai Barat (Kubar) FX Yapan-Edyanto Arkan, Kabupaten Paser Alphad Syarief-Arbain M Noor, Kota Bontang Neni Moernaeni-Joni, dan terhakir Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh-Yohan Avun. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks