Advetorial

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Yayasan Yabis Sembelih 8 Sapi

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, Yayasan Yabis Sembelih 8 Sapi
Panitia menggotong sapi yang telah disembelih untuk dikuliti. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Walaupun wabah Covid-19 masih belum berakhir, namun Yayasan Yabis Bontang tetap menggelar penyembelihan hewan kurban. Kegiatan penyembelihan tersebut diadakan Minggu (2/8/20) pagi bertempat di halaman Gedung SMA IT Yabis atau bertepatan di hari kedua tasyrik. Penyembelihan dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

baca juga: Go Nasional, Siswa SDIT Yabis Juara I Lomba Bercerita Tingkat Provinsi

Ketua Panitia Kurban Yayasan Yabis, Abdul Azis menjelaskan, karena kondisi saat ini masih di tengah wabah, maka penyembelihan hewan kurban tetap patuh pada protokol kesehatan. Salah satunya dengan mewajibkan seluruh panitia yang bertugas mengenakan masker, lalu hanya mengundang sedikit orang untuk menyaksikan. Ditambah lagi tim dari Dinas Kesehatan Bontang pun telah melakukan kunjungan untuk mengontrol proses penyembelihan.

“Saat penyembelihan hanya ada panitia yang bertugas serta beberapa muqorib. Sengaja kami tidak undang banyak orang untuk mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya di sela-sela penyembelihan hewan kurban.

Ditambahkan Azis, penyembelihan tahun ini mengalami penurunan. Namun tidak begitu drastis. Apabila tahun lalu 9 sapi, tahun ini hanya 8 ekor sapi dan beberapa ekor kambing. Dirinya menyadari penurunan jumlah hewan kurban ini dikarenakan kondisi wabah Covid-19 yang belum berakhir. Namun pihaknya tetap mengucap syukur karena masih banyak pihak-pihak yang memiliki kesadaran akan pentingnya berkurban.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada muqorib untuk hewan kurbannya. Semoga Allah SWT membalas dengan yang lebih baik.” imbuhnya.

Proses penyembelihan hewan kurban di Yayasan Yabis. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Usai penyembelihan seluruh hewan kurban, bakda salat zuhur panitia mulai membagikan daging kurban. Dirincikan Azis, jumlah total mustahik atau penerima daging kurban sebanyak 647 orang. Yang terdiri dari seluruh karyawan Yayasan Yabis dan RS Yabis, lalu masyarakat di lingkungan sekitar Yayasan Yabis seperti di Gang Swakarya dan Gang Cendrawasih, kemudian masyarakat di sekitar lingkungan rumah karyawan Yayasan Yabis.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Yabis, H Muslim Arsyad juga mengucapkan terima kasih kepada para muqorib yang masih mempercayakan hewan kurban untuk disembelih di Yasayan Yabis. Para muqorib ini tak hanya berasal dari kalangan karyawan dan pengajar di Yayasan Yabis namun juga berasal dari para orang tua murid di Yayasan Yabis.

Dikatakannya, jumlah muqorib tahun ini sebanyak 59 orang. Walaupun mengalami penurunan namun tidak terlalu mencolok. Dirinya menyadari bahwa wabah Covid-19 ini sangat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, utamanya perekonomian dan kesehatan.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat untuk berkurban masih ada,” ucapnya. (adv)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Suci Surya Dewi 

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks