Hard News

Tol Persingkat Perjalanan Tak Pengaruhi Harga Sewa Travel di Bontang

TRAVEL BONTANG
Salah satu perusahaan travel di Bontang belum merencanakan penurunan harga sewa. (istimewa)

Akurasi.id, Bontang – Kehadiran Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) mampu memperpendek waktu tempuh perjalanan Bontang-Balikpapan dari 6 jam menjadi 5 jam. Meski perjalanan berkurang 1 jam, rupanya tidak berpengaruh harga carter travel.

baca juga: Penerimaan ZIS Tembus Rp3,4 Miliar, Dukungan Regulasi Jadi Kunci Keberhasilan Baznas Bontang

Travel di Kota Taman -nama lain Bontang- misalnya, hingga kini belum berencana menurunkan harga travel. Menurut Guntur Saputra, pemilik Win Travel, pendeknya waktu tempuh Bontang-Balikpapan dengan kehadiran Tol Balsam tidak mempengaruhi penurunan harga travel miliknya. Berbagai alasan dijabarkannya.

Pertama saat melewati tol dia harus merogoh kocek meski kini melewati jalan yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 17 Desember 2019 lalu ini masih digratiskan. Guntur –sapaannya- mengungkapkan jika nantinya Tol Balsam mulai berbayar dirinya tidak berencana menaikkan maupun menurunkan harga. Harga travel miliknya masih seperti biasa, yakni reguler Rp 150 ribu dan carter Rp 700 ribu. Namun untuk menempuh perjalanan melalui Tol Balsam akan diserahkan kepada penumpang.

“Kalau mau lewat tol biayanya dilimpahkan ke penumpang. Pilihan kami serahkan ke mereka,” ujarnya kepada Akurasi.id, Rabu (5/2/20).

Alasan kedua, penurunan waktu tempuh tidak memengaruhi biaya perawatan mobil miliknya. Seperti biaya bahan bakar minyak (BBM) dan perawatan mobil di bengkel. Sehingga dirinya belum mampu menurunkan harga.

“Masalahnya untuk biaya perawatan kami masih tetap sama,” keluhnya.

Selanjutnya dia beralasan jumlah penumpang dari Balikpapan sudah mulai menurun. Hal ini disebabkan penumpang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan lebih sedikit dibanding penumpang dari Bandara Aji Pangeran Tumenggung (ATP) Pranoto Samarinda.

“Penumpang tujuan Balikpapan jadi lebih sedikit,” imbuhnya.

iklan-mahyunadi-MAJU-KUTIM-JAYA

Sama halnya dengan Iwan Setiawan Nugraha, Pemilik Iwan Travel yang juga belum memiliki rencana mengubah harga travelnya. Menurutnya, kenaikan atau penurunan harga tersebut akan ditentukan setelah Tol Balsam mulai berbayar. Setelah berbayar, dirinya juga masih menunggu hasil rapat bersama Asosiasi Travel Bontang (ATB).

“Keputusannya menyesuaikan dari hasil rapat itu.” tegasnya saat dihubungi media ini melalui saluran seluler.

Menurutnya lagi, walaupun keputusan masih menunggu ATB, dirinya memiliki perkiraan bahwa harga travel tidak akan turun. Lantaran ada biaya yang harus ditanggung saat melewati jalur tol nantinya.

“Tapi bisa juga nantinya biaya masuk tol akan dibebankan kepada penumpang,” pungkasnya. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Suci Surya Dewi

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close