Trending

Kabar Baik !! Arab Saudi Buka Pintu bagi Jamaah Indonesia, Kemenag Bontang Tunggu Regulasi

Kabar Baik !! Arab Saudi Buka Pintu bagi Jamaah Indonesia, Kemenag Bontang Tunggu Regulasi
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bontang, Muhammad Izzat Solihin (Dok/Ist)

Arab Saudi buka pintu bagi jamaah Indonesia, Kemenag Bontang tunggu regulasi. Capaian ini disepakati sejalan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik.

Akurasi.id, Bontang – Arab Saudi buka pintu bagi jamaah Indonesia dan calon jamaah haji juga umrah bisa kembali datang ke Tanah Suci dalam waktu dekat. Hal itu dicapai usai Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi menandatangani nota diplomatik pada tanggal 8 Oktober 2021 lalu. Isinya membuka pintu bagi jamaah asal Indonesia untuk masuk ke negara tersebut.

Capaian itu disepakati sejalan dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik. Menanggapi kabar baik tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bontang, Muhammad Izzat Solihin tentu merasa bahagia.

Pasalnya, sudah hampir dua tahun sejak pandemi Covid-19 melanda, Tanah Suci Mekkah tersebut ditutup untuk masyarakat Indonesia. Kata dia, masyarakat pasti banyak yang merindukan untuk berkunjung ke sana.

“Ini kabar baik untuk masyarakat Indonesia. Kita mesti bersyukur upaya diplomatik pemerintah menuai hasil. Jadi, masyarakat yang rindu dengan tanah suci al Mukarramah Makkah bisa mempersiapkan diri,” katanya, Sabtu (16/10/2021).

Kendati demikian, Izzat mengatakan hingga kini pihaknya belum mendapatkan petunjuk dan aturan teknis secara resmi dari Kemenag RI terkait persyaratan apa yang harus dipenuhi oleh jamaah sebelum berangkat.

Baik aturan mengenai kewajiban vaksin, yang ditetapkan di Arab Saudi, jumlah kuota jemaah umrah, hingga batasan usia jamaah yang diperbolehkan melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Baca Juga  Viral Penjual Online Mendadak Ditagih Pajak Rp 35 Juta

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan petunjuk teknis resmi dari Kemenag pusat,” jelasnya.

Dia meminta masyarakat yang menantikan ibadah umrah bisa bersabar menunggu aturan dan ketentuan lebih lanjut dari Kemenag RI. Selain itu, ia berharap jika pelaksanaan umrah nantinya berjalan tanpa kendala.

Dia berharap, kegiatan ibadah haji juga dipertimbangkan untuk dibuka di tahun 2022 mendatang. “Harapan kami, selain umrah peluang untuk pelaksanaan ibadah haji di tahun depan juga bisa terlaksana,” harapnya. (*)

Penulis: Fajri Sunaryo

Editor: Rachman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks