Trending

Kabar Baik, Bontang Berpeluang Buka PTM Juli 2021, Zona Merah Bakal Ada Pengecualian

Kabar Baik, Bontang Berpeluang Buka PTM Juli 2021, Zona Merah Bakal Ada Pengecualian
Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang, Saparudin saat dijumpai wartawan media ini. (Fajri/Akurasi.id)

Kabar Baik, Bontang Berpeluang Buka PTM Juli 2021, Zona Merah Bakal Ada Pengecualian. Bahkan, Disdikbud Bontang telah mendata, jika daerah seperti Malahing, Tihi-tihi, Pulau Gusung, hingga Teluk Kadere Bontang Lestari mendapatkan lampu hijau memulai PTM.

Akurasi.id, Bontang – Peluang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Bontang pada Juli 2021 masih sedikit terbuka. Alasannya, karena pernyataan membatalkan PTM yang dilontarkan Wali Kota Bontang Basri Rase beberapa waktu lalu, masih akan kembali dibahas secara matang.

Merujuk rilis terbaru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 23 Juni lalu, menginstruksi agar daerah segera menggelar PTM berdasarkan Surat Keputusan Bersama  (SKB) empat menteri.

Keputusan pelaksanaan PTM itu tetap akan menyesuaikan kondisi Covid-19 di daerah masing-masing. Artinya hal itu masih bersifat dinamis. Pasalnya, setiap daerah dan sekolah di Indonesia memiliki situasi dan kondisi yang berbeda-beda.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang kemudian meneruskan rilis terbaru itu untuk dikoordinasikan ke Tim Satgas Covis-19 Bontang. Sesuai hasil koordinasi, Tim Satgas Covid-19 Bontang membuka peluang untuk tetap memberlakukan PTM terbatas di wilayah yang dinilai tidak berbahaya persebarannya.

“Tindaklanjut dari rilis yang dikirim itu langsung kami koordinasikan ke Tim Satgas. Alhamdulillah dapat respons baik,” kata Saparudin, kepala bidang (kabid) Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang, Senin (28/06/2021).

Meski belum mengeluarkan keputusan, namun kemungkinan PTM terbatas akan tetap dilaksanakan di kelurahan yang tidak masuk dalam daftar zona merah. Selain itu, meskipun kondisi Bontang masuk zona merah.

Baca Juga  Demo Pembatasan Covid Ricuh Sebabkan Sekolah di Belanda Terbakar

Menurutnya, PTM juga bisa digelar di wilayah yang dianggap terisolir, seperti Malahing, Tihi-tihi, Pulau Gusung, dan Teluk Kadere Bontang Lestari. “Kalau masuk zona merah, kemungkinan daerah terisolir tetap laksanakan PTM,” ujarnya.

Terkait waktu pelaksanaan PTM, Saparudin menyebutkan jika pihaknya masih menunggu keputusan resmi wali kota Bontang. Sebab, pihaknya hanya melaksanakan instruksi sesuai dari surat perintah dari Kemendikbudristek. “Kami hanya menyiapkan karena instruksinya begitu. Soal keputusan, kami tunggu Tim Satgas dan wali kota,” pungkasnya. (*)

Penulis: Fajri Sunaryo
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks