HukumTrending

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah Terjaring OTT KPK, Diamankan Bersama 5 Orang Lainnya

Gubenur Sulsel Nurdin Abdullah dikabarkan terjaring OTT KPK dalam dugaan tindak pidana korupsi proyek pembangunan di daerah itu pada Sabtu dini hari (27/2/2021). (Istimewa)

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah terjaring OTT KPK, diamankan bersama 5 orang lainnya. Pagi tadi, Nurdin Abdullah beserta 5 orang lainnya telah diterbangkan ke Jakarta untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan lebih lanjut dari penyidik KPK.

Akurasi.id, Kaltim – Kabar mengejutkan dari lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Ya, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah dikabarkan terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat malam (26/2/2021).

Sebagaimana dikutip dari Detik.com, Nurdin Abdullah terciduk KPK terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan di wilayah tersebut. Dalam perkara itu, Nurdin dilaporkan terjaring OTT bersama beberapa pejabat lainnya.

“Benar, Jumat (26/2/2021), tengah malam, KPK melakukan tangkap tangan terhadap kepala daerah di Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana korupsi,” kata Jubir KPK Ali Fikri saat ditanya soal benarkah KPK OTT Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Sabtu (27/2/2021).

Dijelaskan Fikri, bahwa penangkapan itu berlangsung sekitar pukul 23.40 WIB, tengah malam kemarin. Informasi yang dihimpun, penangkapan itu melibatkan duit miliaran. Saat ini tim KPK masih bekerja. Ada sejumlah orang lain yang ditangkap bersama Nurdin.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari salah satu media lokal di Sulsel, belum diketahui secara pasti soal kasus yang menjerat mantan Bupati Bantaeng dua periode itu. Namun yang pasti, bahwa Nurdin Abdullah terjaring OTT KPK telah banyak beredar di kalangan awak media di Makassar, Sulsel.

Veronica Miranty selaku juru bicara Nurdin Abdullah ketika dikonfirmasi, juga belum bisa memberikan informasi yang detail atas kasus OTT tersebut. “Tabe (Tabik), sejauh ini kami belum bisa mengonfirmasi hal ini sekarang. Secepatnya akan kami kabari apabila sudah terima informasi,” ujarnya.

Baca Juga  Waduh! Cerita Petambak di Sungai Mahakam, Air Tercemar Minyak Sawit, Ratusan Kilo Ikan Mati

Kembali ke Ali Fikri, kepada hampir semua media yang mengonfirmasinya, dia belum bersedia menjelaskan duduk perkara penangkapan Nurdin Abdullah. “Saat ini belum bisa kami sampaikan. Tim masih bekerja,” ujarnya

Diamankan Bersama 5 Orang Lainnya

Dari informasi dihimpun media ini, panangkapan Nurdin Abdullah berlangsung pada Sabtu, 27 Februari 2021 sekira pukul pukul 01.00 WIB. Total ada sebanyak 9 orang tim KPK yang turun dalam OTT Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah.

Nurdin Abdullah diamankan di di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan No: Sprin.Lidik-98/01/10/2020. Tim KPK telah juga mengamankan beberapa orang antara lain, yakni Agung Sucipto (kontraktor), Nuryadi (sopir Agung), dan Samsul Bahri (Adc Gubernur Sulsel). Serta Edy Rahmat (Sekdis PU Sulawesi Selatan) dan Irfandi (sopir Edy Rahmat).

Adapun barang bukti yang diamankan oleh tim KPK yaitu 1 koper yang berisi uang sebesar Rp1 miliar, yang diamankan di Rumah Makan Nelayan Jalan Ali Malaka, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Baca Juga  Hasil Olah TKP Polda Jatim, Pasar Citra Mas Loktuan Terbakar Akibat Kebocoran Listrik

Berbekal semua barang bukti yang ada, tim KPK kemudian langsung membawa Nurdin Abdullah dan rombongan langsung ke Klinik Transit di Jalan Poros Makassar untuk dilakukan pemeriksaan Swab antigen, untuk selanjutkan persiapan berangkat ke Jakarta melalui Bandara Sultan Hasanudin.

Kemudian pada pukul 05.44 Wita rombongan selesai melaksanakan pemeriksaan Swab antigen dan menuju Bandara Sultan Hasanudin untuk berangkat ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda GA 617, yang kemudian tim dan rombongan memasuki Gate 2 untuk keberangkatan ke Jakarta pada pukul 07.00 Wita. (*)

Penulis/Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks