Trending

Jaringan Internet Akan Mati Mulai 24-30 September 2021, Berikut Faktanya!

PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) Belum Ada Rilis Informasi Apapun

Jaringan Internet Akan Mati Mulai 24-30 September 2021, Berikut Fakatnya!
Jaringan internet dikabarkan akan kembali mati pada 24-30 September 2021, begitu faktanya. (Istimewa)

Jaringan Internet Akan Mati Mulai 24-30 September 2021, Berikut Faktanya! Lamanya gangguan jaringan internet itu, tentunya membuat banyak pihak jadi resah. Apalagi bagi pelaku industri dan bisnis di jejaring online.

Akurasi.id, Kaltim – Mendadak terganggunya jaringan internet di sejumlah daerah di Indonesia pada 20 September 2020 lalu memang banyak mendapatkan keluhan masyarakat. Karena akibat gangguan itu, banyak kegiatan bisnis di jejaring online yang terkena imbasnya.

Pada Senin, 20 September 2021, terdapat sebuah pesan berantai yang membuat heboh masyarakat, yaitu informasi terkait jaringan internet akan kembali mengalami gangguan. Dijelaskan pada pesan tersebut, bahwa internet akan mati dimulai tanggal 24 hingga 30 September 2021.

Jaringan internet sementara akan mati dikarenakan ada perbaikan KABEL BAWAH LAUT PALAPA RING TENGAH LINK ONDONG TAHUNA yang rencana awalnya akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2021. Diketahui, pesan berantai tersebut diteruskan berkali-kali di WhatsApp seperti berikut.

Selamat Pagi Bapak/Ibu Camat Group LTI DAN Diskominfo ini dibuat dalam rangka perbaikan KABEL BAWAH LAUT PALAPA RING TENGAH LINK ONDONG TAHUNA YG RENCANA AWALNYA TGL 29 Agustus-06 Sept tapi karena sesuatu dan lain Hal maka rencananya tal 24 – 30 Sept 2021 sehingga Jaringan akan Down utk itu di Mohon Kesediaan Para Camat utk dapat Mengedukasi dan mengsosialisasi kpd Masyarakat dan apabila ada pernyataan dapat di komunikasikan di Group ini nti dari Team PT LTI yg akan menjawab, terima kasih ???????? Internet akan mati ???? dri tgl 24-30 Sept 2021.

Berikut adalah tangkapan layar yang diduga sebagai informasi hoaks atas jaringan internet yang akan kembali mati. (Istimewa)

Lantas benarkah kabar yang menyebutkan jaringan internet akan mati untuk sementara waktu?

Sebagaimana dilansir Pikiranrakyat.com dan Klik Binggai, melakukan penelusuran ke beberapa sumber terkait, hingga pada saat artikel ini terbit, belum ada informasi valid dari lembaga resmi pemerintah ataupun PT LTI.

Di laman resmi PT Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) pun tidak ada pernyataan khusus yang membenarkan informasi tersebut. Dilansir dari laman resmi PT LTI, ternyata PT LTI pernah menyelenggarakan rencana jalur baru Link Manado – Ondong Siau, pada Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Paket Tengah pada 27 Oktober 2020 lalu, bukan di tahun 2021 ini.

Baca Juga  RI Punya Utang Tersembunyi dari China Rp 245 Triliun

Maka, dapat disimpulkan bahwa pesan berantai yang menyebutkan jaringan internet akan mengalami gangguan pada 24-30 September 2021 adalah tidak benar alias hoaks. Untuk itu, masyarakat diharapkan tidak termakan berita hoaks tersebut dan lebih selektif sebelum menyebarkan pesan berantai itu. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks