Trending

Investasi Manajemen Sampah Balikpapan dan Jembatan Tol Balikpapan-PPU Dilirik Investor Inggris dan Amerika

Investasi Manajemen Sampah Balikpapan dan Jembatan Tol Balikpapan-PPU Dilirik Investor Inggris dan Amerika
Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto. (Humas DPMPTSP Kaltim)

Investasi Manajemen Sampah Balikpapan dan Jembatan Tol Balikpapan-PPU Dilirik Investor Inggris dan Amerika. Semua data-data pendukung terhadap kedua project itu, telah disiapkan semua. Tinggal menunggu keseriusan pada investor saja lagi.

Akurasi.id, Samarinda – Pengembangan investasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim ternyata tidak melulu di sektor pertambangan batu bara, maupun minyak dan gas (migas). Kini, ada 2 sektor lain yang kini sedang ditawarkan Pemerintah Kaltim untuk dikerjasamakan dengan pihak ketiga, utamanya investor dari Mancanegara.

Kedua investasi yang ditawarkan DPMPTSP Kaltim, yakni Investasi Management Sampah Balikpapan dan Jembatan Tol Balikpapan–Penajam Paser Utara (PPU). Kedua investasi itu bahkan telah dipaparkan dalam Indonesia Investment Forum 2021 yang dihelat di London, Inggris.

Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto yang hadir via virtual dalam kegiatan Kick Off Indonesia Investment Forum 2021, menyampaikan bahwa kegiatan itu bagian dari gagasan Bank Indonesia dan dilaksanakan pada hari Rabu 5 Mei 2021.

“Yang mana Kalimantan Timur menjadi salah satu provinsi yang terpilih dengan mengusung peluang investasi di Kaltim,” kata Puguh.

Dia menjelaskan, dari ratusan peluang investasi yang diangkat pada tahap awal, kini telah mengerucut dans terpetakan menjadi puluhan kegiatan peluang investasi di Kaltim. Diantaranya ada 2 project di Kaltim yang akan di angkat, yakni management sampah di Kota Balikpapan dan Jembatan Tol Balikpapan–PPU.

“DPMPTSP Kaltim berkomitmen mendukung tumbuhnya kegiatan investasi di Kaltim, terutama untuk kedua kegiatan itu. Dukungan itu dengan berbagi peran bersama owner project untuk mempersiapkan profile project detail, meliputi financial project dan mekanisme investasi,” paparnya.

Baca Juga  Puluhan OKP Berkumpul Jelang Musda VII KNPI Kutim, Munir Pastikan Tidak Lagi Mencalonkan Diri

Selain itu, dia menyebutkan, DPMPTSP Kaltim juga memiliki peran untuk supporting sisi proses kemudahan investasi dan perizinan. Sehingga diharapkan investor yang bisa masuk ke Kaltim untuk 2 project, yakni management sampah Kota Balikpapan dan Jembatan Tol Balikpapan–PPU.

Tidak hanya itu, Puguh Harjanto melihat kesiapan owner project sudah sangat siap dalam memasarkan 2 project investasi tersebut. Diantaranya dari data–data yang dibutuhkan. Untuk itu, pihaknya sangat berharap dapat berhasil menggaet investor untuk 2 project tersebut pada tanggal 27–28 Mei 2021.

“Doakan saja, semoga pada pembukaan Indonesia Investment Forum yang akan dilaksanakan di London, Inggris, serta via virtual, Kaltim dapat menggaet investor,” ucapnya.

Puguh sedikit membocorkan, bahwa sudah ada 2 negara yang berminat masuk sebagai investor untuk 2 project investasi di Bumi Etam -sebutan Kaltim. Kedua investor itu berasal dari Inggris dan Amerika Serikat.

“Kami terus mempersiapkan detail datanya untuk 2 project investasi tersebut. Semoga dapat terealisasi untuk 2 project peluang investasi yang telah ditetapkan itu,” harapnya.

Baca Juga  Pemprov Kaltim Diminta Belajar Sama DKI Jakarta, Sutomo Jabir: Asetnya Rp500 Triliun dan Semua Terdata

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan virtual tersebut Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kaltim, DPMPTSP Kota Balikpapan, Biro Insfrastruktur, Biro Ekonomi, Perusda Manuntung Kota Balikpapan, dan Dinas PUPR Provinsi Kaltim. (*)

Penulis/Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks