HeadlineTrending

Masih Tahap Uji Coba, Kereta LRT Jabodebek Tabrakan

Masih Tahap Uji Coba, Kereta LRT Jabodebek Tabrakan
Tabrakan LRT Cibubur di ruas Munjul Jakarta Timur, Senin, 25/10/2021. (Iqbal Firdaus/kumparan)

Akurasi.id – Kereta LRT Jabodebek mengalami tabrakan di kawasan Munjul, Jakarta Timur, Senin (25/10). Sampai saat ini belum diketahui penyebab tabrakan terjadi karena LRT masih tahap uji coba, belum beroperasi untuk umum.

“Betul, betul. Jadi di LRT Munjul, ya. Damkar kita luncurkan satu unit dari rescue dari sektor Cipayung untuk men-set up lokasi,” kata Kasie Ops Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaiman, saat dikonfirmasi, Senin (25/10). Gatot belum bisa memberikan informasi lebih detail karena tim baru saja meluncur ke lokasi.

“Kami dapat informasi 30 menit lalu, tim sudah ke lokasi,” ucap dia. Jubir Kemenhub Adita Irawati mengatakan, kereta di LRT Jabodebek masih tahap uji coba. Karena itu, hal ini masih menjadi tanggung jawab PT INKA sebagai produsen.

“Ini masih dalam uji coba oleh pihak INKA. Masih dalam tanggung jawab pihak INKA. Mohon dapat dimintakan penjelasan ke sana,” kata Adita. Sementara, Corporate Secretary PT Adhi Karya, Farid Budiyanto, mengungkapkan saat ini kejadian tersebut masih didalami untuk mengetahui penyebabnya.

“Kami sedang dalami kejadian di lapangan dengan teman-teman dari INKA,” kata Farid kepada kumparan, Senin (25/10).

“Saat ini kami masih mencari informasi lengkapnya, mengingat uji coba kereta merupakan ranah INKA dan KAI sedangkan Adhi Karya sebagai penyedia prasarana,” imbuhnya.

Kemenhub Minta INKA Lebih Hati-hati saat Uji Coba LRT

Baca Juga  Kepergok Nonton Squid Game, Warga Korut Dihukum Kerja Paksa Hingga Ditembak Mati

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta PT Industri Kereta Api (INKA) untuk lebih berhati-hati dalam melakukan uji coba kereta lintas rel terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). Imbauan itu menyusul kecelakaan yang terjadi pada Senin (25/10) siang.

“Kami imbau kepada pihak PT INKA agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan uji coba dan selalu mengutamakan faktor keselamatan,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dalam keterangan yang dikutip dari Antara.

Zulfikr menyayangkan insiden tersebut terjadi di tengah pelaksanaan uji coba dinamis yang bertujuan untuk menjadi keselamatan.

“Kami menyayangkan terjadinya insiden ini di tengah pelaksanaan uji coba dinamis yang bertujuan untuk menjamin keselamatan LRT,” ujarnya

Baca Juga  Lira Turki Anjlok, Erdogan Didesak Mundur Warga sampai Oposisi

Tahapan pengujian, sambung Zulfikri, merupakan proses penting dalam memastikan faktor keselamatan dan keamanan transportasi LRT Jabodebek. Untuk itu, proses ini seharusnya dilakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian.

Zulfikri memastikan insiden tersebut tidak memakan korban jiwa. Namun, ia ikut prihatin atas seorang masinis yang terluka karena kejadian itu. Selanjutnya, Kemenhub meminta proses investigasi dan evaluasi atas insiden ini segera dilaksanakan dengan baik karena aspek keselamatan tetap harus menjadi prioritas utama dalam bertransportasi.

Sebagai informasi, LRT Jabodebek saat melakukan uji coba sarana internal oleh PT INKA di antara petak Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas. Saat ini, PT Adhi KaryaTbk (Persero) dan INKA sedang menginvestigasi penyebab tabrakan tersebut dengan melibatkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Baca Juga  Arab Saudi Izinkan WNI Masuk Tanpa Transit Mulai 1 Desember

Direktur Utama INKA Budi Noviantoro menduga penyebab kecelakaan tersebut adalah kesalahan manusia (human error) karena kecepatan kereta melebihi yang seharusnya pada saat uji coba. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id
Sumber: Kumparan.com dan CNNIndonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks