HeadlineTrending

Catat!! Masjid Islamic Center Samarinda Dipastikan Akan Tetap Melaksanakan Salat Iduladha

Catat!! Masjid Islamic Center Samarinda Dipastikan Akan Tetap Melaksanakan Salat Iduladha
Masjid Islamic Center Samarinda dipastikan akan tetap melaksanakan salat Iduladha, Selasa 20 Juli 2021. (Istimewa)

Masjid Islamic Center Samarinda Dipastikan Akan Tetap Melaksanakan Salat Iduladha. Kepastian itu disampaikan Ketua Umum BPIC Kaltim, Awang Darma Bakti. Katanya, kalau Masjid Baitul Mutaqqien Samarinda tetap dibuka untuk umum dalam rangka salat Iduladha.

Akurasi.id, Samarinda – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat atau level 4 di Samarinda, dipastikan tidak akan mengganggu rencana pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Islamic Center Samarinda atau Masjid Baitul Mutaqqien pada Selasa, 20 Juli 2021.

Ketua Umum Badan Pengelola Islamic Center (BPIC) Kaltim, Awang Darma Bakti memastikan, kalau Masjid Baitul Mutaqqien Samarinda tetap dibuka untuk umum dalam rangka melaksanakan Hari Raya Iduladha. Pembukaan masjid bagi salat ied dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

”Masjid Islamic Center tetap melaksanakan salat Iduladha dengan prokes ketat sesuai imbauan pemerintah,” kata dia saat dihungungi wartawan media ini, pada Senin (19/7/2021) malam.

Dikarenakan adanya prokes ketat, dikatakannya, masyarakat yang akan melaksanakan salat Iduladha di masjid harus sudah berwudhu. Kemudian mencuci tangan, memakai masker, membawa sajadah sendiri, dan mengikuti jarak yang sudah ditetapkan pengelola masjid.

“Kami sudah ingatkan kepada masyarakat yang akan melaksanakan salat Iduladha di masjid untuk berwudhu di rumah, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak yang sudah kami sesuaikan,” terangnya.

Sedangkan mengenai PPKM Level 4 di Kota Tepian, ia mengaku, belum mendengar imbauan pemerintah lebih lanjut mengenai hal itu dan akan tetap melaksanakan ibadah salat Iduladha seperti kesepakatan sebelumnya. “Kami telah mempersiapkan pelaksanaan salat Iduladha besok sesuai imbauan pemerintah, yakni dengan prokes ketat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Awang Dharma Bakti mengatakan, kapasitas Islamic Center adalah 43 ribu lebih. Sehingga berapa pun jumlah jemaah yang datang akan diterima, namun tetap dengan prokes yang telah diatur.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan salat Iduladha di rumah masing-masing. “Apabila mau tetap melaksanakan salat di masjid, langgar, atau lapangan harus dipastikan ketat protokol kesehatannya. Kemudian ruang yang terisi berjarak,” terang dia kepada awak media.

Baca Juga  Wajah Pendidikan Pulau Gusung: Kala Satu-Satunya Sekolah “Panggung” Mimpi Puluhan Anak Pesisir Itu Runtuh (2)

Kemudian, Andi Harun mengingatkan warga Kota Tepian untuk menjadi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 pada diri masing-masing, dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Samarinda masih tergolong tinggi. “Panitianya juga harus bertanggungjawab mengatur sedemikian rupa agar tidak terjadi pelanggaran prokes,” sambungnya.

Ia juga melarang adanya takbir keliling dengan kendaraan dalam bentuk apapun. Takbir keliling diimbau dilakukan di masjid, langgar, rumah atau di tempat-tempat yang tidak menyebabkan kerumunan.

“Kemudian, kami juga tidak menginginkan adanya open house dan sebagainya. Termasuk penyembelihan hewan kurban, tetap dilakukan namun diutamakan di RPH (Rumah Penyembelihan Hewan). Tapi yang paling penting, sistem pembagiannya harus diantarkan ke rumah masing-masing supaya tidak berkumpul,” imbaunya.

Baca Juga  Diam-Diam Varian Delta Sudah Mewabah di Kaltim, Menyebar Sejak Juni, 3 Pasien di Bontang Positif

Untuk itu orang nomor satu di Samarinda ini meminta pengertian masyarakat, untuk memperketat protokol kesehatan, terutama saat berada di tempat umum atau melaksanakan salat Iduladha. “Saya harap warga dapat mengikuti imbauan pemerintah. Yang kami lakukan ini sudah luar biasa. Kalau di daerah lain kan tidak boleh melaksanakan salat Iduladha,” paparnya. (*)

Penulis: Devi Nila Sari
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks