Trending

Pelabuhan Kotor Penuh Sampah, Pos Masuk Tak Dijaga, Dishub: Harusnya Dijaga Perusda AUJ

Pelabuhan Kotor Penuh Sampah, Pos Masuk Tak Dijaga, Dishub: Harusnya Dijaga Perusda AUJ
Kondisi Pelabuhan Loktuan yang Banyak ditumpuki sampah. (Rezki Jaya/Akurasi.id

Pelabuhan Kotor Penuh Sampah, Pos Masuk Tak Dijaga, Dishub: Harusnya Dijaga Perusda AUJ.

Akurasi.id, Bontang – Beredar informasi keluhan dari warga sekitar Pelabuhan Loktuan, bahwa pelabuhan banyak berserakan sampah. Media ini mencoba mengonfirmasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang.

Saat dikonfirmasi, Kasi Angkutan Umum Dishub Bontang, Welly Sakius menyebutkan terkait perawatan dan kebersihan pelabuhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang bersama Pelindo sudah melakukan MoU dengan Perusda AUJ terkait operasional dan kebersihan di Pelabuhan Loktuan.

“Terkait banyaknya tumpukan sampah, itu rananya Perusda AUJ. Karena pengoperasian pelabuhan, Pelindo sudah MoU dengan Perusda. Sehingga tugas Dishub hanya monitoring dan menegur jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tumpukan sampah itu,” ucapnya saat dikonfirmasi media ini, Selasa (11/5/2021).

Selain masalah kebersihan, Dishub juga menyoroti pos pintu masuk pelabuhan tidak pernah dijaga. Hal ini dikhawatirkan dapat membahayakan warga sekitar yang kerap masuk dalam pelabuhan di sore hari.

“Kalau sore banyak kendaraan masuk dan itu sangat berbahaya, dan sudah jelas tercantum di aturan bahwa hal tersebut tidak boleh, kecuali yang berkepentingan,” ucapnya.

Welly pun menjelaskan, yang dimaksud berbahaya ini karena pelabuhan ini harus steril, selain itu ada kegiatan Amonium Nitrat dari perusahaan. Selain itu ada aktivitas alat berat di area dermaga.

Baca Juga  Puluhan OKP Berkumpul Jelang Musda VII KNPI Kutim, Munir Pastikan Tidak Lagi Mencalonkan Diri

“Terkait pos tidak di jaga, pendapat retribusi PAD kas masuk kendaraan juga akan hilang. Yang seharusnya dijaga oleh Perusda AUJ. Dari pantauan kami sudah 2 bulan tidak dijaga. Kecuali kalau ada kapal penumpang saja baru ada penjagaan,” bebernya.

Sementara saat media ini mencoba mengkonfirmasi pihak Perusda AUJ dengan mendatangi kantornya yang berlokasi di Pelabuhan Loktuan, salah satu pegawai menyebut, pejabat yang berwenang sedang berada di luar Bontang. Sehingga pihak Perusda AUJ tidak bisa memberikan keterangan. Media ini juga mencoba meminta kontak ponsel pejabat yang bersangkutan tersebut, namun tidak diberi.

“Pejabatnya lagi di luar kota,” ucapnya singkat. (*)

Penulis: Rezki Jaya 

Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks