Trending

Pulau Gusung Segera Punya Sekolah Lagi, Disdikbud Bontang Siapkan Dana Relokasi Rp5 Miliar

Pulau Gusung Segera Punya Sekolah Lagi, Disdikbud Bontang Siapkan Dana Relokasi Rp5 Miliar
Tampak kondisi SD 011 Bontang Utara yang berada di Pulau Gusung yang telah ambruk. (Istimewa)

Pulau Gusung Segera Punya Sekolah Lagi, Disdikbud Bontang Siapkan Dana Relokasi Rp5 Miliar. Seperti diketahui, SD 011 Bontang Utara yang berada di Pulau Gusung pada Mei lalu, mengalami ambruk akibat abrasi air laut. Tiga gedung sekolah rusak berikut isinya.

Akurasi.id, Bontang – Para pelajar di SD 011 Bontang Utara yang berada di Pulau Gusung, Bontang, saat ini harus menempati Balai Pertemuan Umum (BPU) dalam menempuh proses kegiatan belajar-mengajar (KBM). Kondisi itu terjadi lantaran tiga ruang kelas sekolah tersebut ambruk akibat abrasi air laut.

Satu-satunya sekolah di Pulau Gusung itu, diketahui sudah ambruk sejak bulan Mei 2021 lalu. Sekolah dengan 64 murid itu, tak lagi bisa digunakan. Meja, kursi belajar, hingga barang-barang lainnya ikut hancur lantaran terendam air laut usai ambruk.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang pun berencana akan membangun sekolah itu kembali. Nantinya, sekolah baru itu akan dibangun di dekat dermaga. Tepat di sisi kiri jembatan masuk ke Gusung. Konon kebutuhan anggaran untuk relokasi ini mencapai Rp5 miliar

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Bontang, Saparudin menjelaskan, saat ini sudah dalam proses penyusunan rencana kerja dan anggaran (RKA). Dan akan masuk tahap lelang. “Mudah-mudahan Minggu depan sudah masuk tahap lelang,” jelas Saparudin, saat dihubungi melalui telepon, Senin (12/07/2021).

Kata dia, sebenarnya pihaknya sudah berencana merelokasi sekolah sejak 2020. Rencana relokasi itu akhirnya tertunda. Mengingat pada 2020 lalu pandemi melanda. Alhasil, pemerintah melakukan refocusing. Anggaran membangun sekolah di Gusung ditiadakan.

Selain pembangunan ini, sebenarnya terdapat beberapa program fisik yang harusnya dilakukan tahun 2021 ini. Misalnya tambah ruang belajar untuk SMP 002 Bontang. Namun, hanya SD 011 Gusung yang masuk dalam anggaran pergeseran. “Kalau untuk SMP 002, itu belum bisa. Selain waktunya enggak cukup, anggarannya belum ada,” jelasnya.

Untuk diketahui, SD 011 Bontang Utara, menjadi satu-satunya sekolah yang berada di Pulau Gusung. Sekolah itu sedianya memang sudah lapuk dimakan waktu. Rencana perbaikan sekolah itu telah berulang kali dilakukan. Namun dengan berbagai alasan, rencana itu urung dilakukan.

Baca Juga  Kecelakaan di Tol Cipularang, Direktur Indomaret Meninggal

Lewat APBD 2021, Disdikbud Bontang mengupayakan merelokasi pembangunan SD 011 Bontang Utara. Dengan harapan, akhir tahun ini para pelajar yang ada di sekolah itu sudah dapat kembali memiliki gedung, sehingga bisa kembali belajar dengan normal. (*)

Penulis: Fajri Sunaryo
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks