PeristiwaTrending

Tragedi Desak-desakan di Festival Keagamaan Uttar Pradesh: 121 Orang Tewas

Insiden Dimulai Ketika Massa Berebut Mendekati Seorang Penceramah Hindu Terkenal yang Sedang Menyampaikan Khotbah

Loading

Akurasi.id – Sebuah tragedi memilukan terjadi di Uttar Pradesh, India, ketika desak-desakan dalam festival agama Hindu menyebabkan 121 orang tewas. Insiden ini menambah daftar panjang kejadian serupa di negara yang sering mengalami kerumunan besar dalam acara keagamaan.

Kronologi Kejadian

Peristiwa tragis ini terjadi pada Rabu (3/7/2024) pagi waktu setempat, saat lebih dari 250.000 orang memadati festival keagamaan di distrik Hathras, Uttar Pradesh. Jumlah tersebut jauh melampaui batas maksimal yang diizinkan oleh otoritas setempat, yaitu 80.000 orang.

Baca Juga  Diduga Korsleting Listrik, Jelang Buka Puasa Rumah di Samarinda Membara

Menurut laporan kepolisian, insiden dimulai ketika massa berebut mendekati seorang penceramah Hindu terkenal yang sedang menyampaikan khotbah. Kepanikan massa dipicu oleh beberapa faktor, termasuk keinginan peserta untuk mendekati sang penceramah dan badai debu yang tiba-tiba melanda, membutakan pandangan mereka.

Korban dan Kondisi di Lokasi

Sebagian besar korban tewas adalah perempuan, dengan tujuh di antaranya merupakan anak-anak dan satu laki-laki. Pakaian dan sepatu milik para korban berserakan di lokasi kejadian yang berlumpur. Banyak dari mereka terjatuh ke selokan yang tergenang air, dan kemudian terinjak-injak oleh massa yang panik.

Jasa SMK3 dan ISO

“Saat insiden terjadi, banyak orang berusaha meninggalkan lokasi secara bersamaan, tetapi tidak ada cukup ruang. Orang-orang saling berjatuhan dan terinjak-injak,” ujar Sheela Maurya, seorang personel kepolisian yang bertugas saat kejadian.

Baca Juga  Satgas Dilempari Botol Gegara Bubarkan Konser Kelebihan Kapasitas di Makassar

Penyelidikan dan Tindakan Lanjutan

Pemerintah negara bagian Uttar Pradesh telah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki penyebab insiden ini. Ketua Menteri Uttar Pradesh, Mahant Yogi Adityanath, menyatakan kesedihannya atas tragedi ini dan berjanji akan memberikan bantuan maksimal kepada para korban.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, juga menyampaikan belasungkawa dan menyatakan bahwa pemerintah akan membantu korban yang terluka dengan segala cara yang memungkinkan.

Baca Juga  Satu Warga Kaltim Dikabarkan Positif Corona, 24 Orang Menunggu Hasil Lab

Insiden desak-desakan ini menambah catatan kelam dalam sejarah festival keagamaan di India, di mana kerumunan besar sering kali berujung pada tragedi akibat kurangnya pengaturan keamanan yang memadai. Diharapkan, kejadian ini menjadi pelajaran bagi otoritas setempat untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan dalam penyelenggaraan acara keagamaan di masa mendatang.(*)

Penulis: Ani
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button