Disdukcapil Bontang

Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan, Disdukcapil Mengadakan Dukcapil Menyapa Masyarakat

Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan, Disdukcapil Mengadakan Dukcapil Menyapa Masyarakat
Plt Kepala Disdukcapil Bontang, Masliani usai melaksanakan kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat melalui Zoom Meeting. (Ist)

Upaya meningkatkan kualitas layanan, Disdukcapil mengadakan Dukcapil Menyapa Masyarakat. Langkah tersebut selain sebagai ruang dialog atas berbagai pelayanan Disdukcapil, juga bentuk inovasi layanan di masa pandemi Covid-19.

Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang mengadakan kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat. Ini merupakan agenda yang kedua kalinya diadakan oleh Disdukcapil Bontang.

Baca juga: Jempol Weekend, Disdukcapil Sambangi Warga Loktuan dan Bontang Lestari untuk Perekaman KTP-el

Tujuan dari agenda ini adalah untuk mengajak masyarakat berpartisipasi mengikuti diskusi dalam Program Dukcapil Menyapa Masyarakat secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting yang berlangsung pada Jumat (16/10/2020).

“Ini yang kedua kalinya kami gelar, sebelumnya kami melakukan Dukcapil Menyapa Masyarakat ini pada September lalu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Bontang Masliani.

Dia menjelaskan, Dukcapil Menyapa Masyarakat atau DMM merupakan program dari pemerintah pusat yang kemudian turut dilaksanakan di setiap daerah di Indonesia. Rencananya, program ini akan rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan Disdukcapil.

Dalam kesempatan yang sama, Masliani juga mengingatkan kepada masyarakat, dalam upaya memutuskan penyebaran Covid-19 di Bontang, masyarakat diharapkan untuk melakukan layanan online. Menurut dia, layanan online lebih mudah, cepat dan aman. Untuk dokumen yang sudah selesai bisa dicetak sendiri. Tetapi Disdukcapil tetap melakukan layanan offline bagi masyarakat yang belum bisa melakukan pelayanan online.

Masliani mengingatkan, bagi warga Kota Bontang yang belum memiliki KTP Elektronik untuk segera melakukan perekaman dimasing-masing kantor kecamatan sesuai domisili.

“Ini penting kami sampaikan, dalam rangka mempermudah masyarakat mendapatkan layanan publik seperti pengurusan BPJS, SIM, paspor, asuransi dan terlebih lagi sebagai syarat mengikuti Pilkada Bontang,” jelasnya.

Baca Juga  Dukung Gerakan Rekam KTP-El untuk Sukseskan Pilkada 2020

Demi upaya meningkatkan kualitas Wanita berkerudung ini juga memperkenalkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Mesin ADM tersebut berfungsi layaknya mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). “Hanya saja mesin ini mencetak dokumen-dokumen kependudukan,” jelasnya.

Tujuan mesin ADM ini untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pencetakan dokumen kependudukan sehingga masyarakat tidak perlu antre di kantor Disdukcapil. Sebelum menutup kegiatan, Masliani membuka sesi tanya jawab yang diberikan kepada peserta kegiatan DMM.

Pada kesempatan itu, Masliani berharap, program tersebut bisa menjadi wadah bagi masyarakat menyampaikan saran maupun kritikannya terhadap pelayanan yang diberikan Disdukcapil Bontang. “Sekaligus menjadi bahan evaluasi bagi kami, harapannya bisa diberikan kritikan, saran ataupun solusi bagi kami,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks