HeadlineIsu Terkini

Usai Tersandung OTT KPK, Nasib Pencalonan Ismunandar Jadi Bupati di Ujung Tanduk

Nama Anggota DPRD Kaltim Ismail Mencuat Jadi Alternatif Calon Bupati Kutim dari NasDem

OTT KPK Bupati Ismunandar
Nasib pencalonan Ismunandar sebagai bupati di Pilkada Kutim 2020 kini berada di ujung tanduk. (Istimewa)

Akurasi.id, Sangatta – Tersandungnya Bupati Ismunandar dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan korupsi penerimaan hadiah atau janji dari proyek pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), ikut berdampak pada proses pencalonan yang bersangkutan sebagai calon kepala daerah di daerah tersebut.

baca juga: Namanya Diseret OTT KPK, Kasmidi Bingung dengan Bahasa Bagi-bagi Proyek, Ngaku Tak Dilibatkan Bahas Anggaran?

Sebagaimana diketahui, pada Pilkada Serentak 2020, Bupati Kutim Ismunandar sedang mempersiapkan dirinya untuk kembali maju berlaga pada pemilu tersebut. Salah satu partai yang digadang-gadang mengusung dia adalah Partai NasDem. Di partai itu, Ismunandar diketahui menjabat sebagai Dewan Penasehet DPC Partai NasDem Kutim.

Namun dengan tersandungnya Ismunandar dalam OTT KPK atas kasus dugaan korupsi, membuat Partai NasDem kini menimbang ulang untuk mengusungnya. Apalagi pelaksanaan Pilkada Kutim 2020 sudah di depan mata. Tak pelak, NasDem pun mulai utak-atik nama kader yang akan diusung. Satu di antara nama yang godok itu yakni anggota DPRD Kaltim Ismail.

baca juga: Utak-Atik Proyek, Cara Bupati Ismunandar dan Istri Memetik Kekayaan THR dan Hadiah Ratusan Juta (2-habis)

Sekretaris DPC Partai NasDem Kutim, Arfan saat diwawancarai media ini, mengaku tidak bisa memberikan banyak komentar atas nasib pencalonan Ismunandar sebagai kepala daerah pasca yang bersangkutan terjerat kasus dugaan korupsi yang ditangani komisi antirasuah.

“Untuk pencalonan beliau (Ismunandar) di Pilkada Kutim, kami serahkan sepenuhnya kepada DPP Partai Nasdem pusat,” ujarnya, Senin (7/7/20).

Mengingat pelaksanaan Pilkada Kutim sudah di depan mata, Arfan mengakui, kalau sekarang ini pihaknya sedang mencoba mengodok dan melihat peluang sejumlah kader Partai NasDem yang dapat diusung sebagai opsi pengganti Ismunandar yang telah diusung ke DPP Partai NasDem.

baca juga: OTT KPK di Kutim, Bukti Politik Dinasti Rawan Korupsi, Castro: Perampokan Uang Negara Mudah Terjadi

Satu di antara nama kader yang dinilai cukup potensi dan punya kapasitas untuk mewakili Partai NasDem di Pilkada Kutim 2020, ialah Ismail. Selain menjadi kader militan Partai NasDem, Ismail dinilai cukup siap, karena memiliki pengalaman yang cukup di dunia politik.

Di sisi lain, Ismail pun memilik track record yang bagus sebagai anggota DPRD Kaltim. Hal itu dapat dilihat dengan bukti bahwa Ismail sudah duduk sebagai wakil rakyat di Karang Paci –sebutan DPRD Kalttim- selama 3 periode berturut-turut.

“Beliau (Ismail) sudah 3 periode di (DPRD) provinsi. Jadi bisa dipastikan akurasinya. Namun tetap harus melalui hasil survei nantinya, jadi pemilihan tetap berdasarkan realitas. Setelah itu baru kami serahkan semua ke DPP,” pungkasnya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Dirhanuddin

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close