Politik

Walau Hanya Diikuti Paslon Tunggal, KPU Kukar Tetap Laksanakan Penyampaian Visi Misi Calon

Walau Hanya Diikuti Paslon Tunggal, KPU Kukar Tetap Laksanakan Penyampaian Visi Misi Calon
Komisioner KPU Kukar Divisi Teknis, Nofand Surya Gafilah menyampaikan kalau penyampaian visi dan misi calon tetap dilaksanakan. (Istimewa)

Walau hanya diikuti paslon tunggal, KPU Kukar tetap laksanakan penyampaian visi misi calon, karena itu sudah menjadi bagian dari ketentuan dan sebagai upaya mendalami apa yang menjadi program dari calon bupati dan wakil bupati.

Akurasi.id, Tenggarong – Kendati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hanya diikuti oleh pasangan tunggal, namun hal itu tidak mengurangi berbagai tahapan pemilu yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Baca juga: Di Pilkada Kukar, KPU Resmi Tetapkan DPT Sebanyak 488.055 Orang

Misalnya saja, dalam waktu dekat ini, jajaran komisioner KPU Kukar berencana akan menggelar rapat persiapan pendalaman dan penyampaian visi dan misi calon bupati dan wakil bupati Kukar 2020. Rapat akan membahas moderator, panelis, jadwal penyampaian visi misi dan beberapa hal lainnya.

“Rencananya, 1-2 hari ke depan kami akan menggelar rapat pleno persiapan penyampaian visi dan misi untuk calon bupati dan wakil bupati Kukar,” kata Komisioner KPU Kukar Divisi Teknis, Nofand Surya Gafilah, Jumat (16/10/2020).

Kepada awak media, Nofand mengatakan, meski pelaksanaan Pilkada Kukar hanya diikuti oleh satu pasangan calon (paslon) kepala daerah, namun hal itu bukan berarti KPU meniadakan agenda debat seperti yang sudah dilaksanakan pada pilkada sebelumnya. Menurutnya, paslon di Kukar tetap melewati tahapan debat kandidat sebanyak dua kali.

Dikatakan dia, paslon tunggal di Kukar ini hanya perlu menyampaikan visi dan misi serta berbagai program yang akan mereka laksanakan. Nantinya pada forum ini, panelis dapat memperdalam visi dan misi serta program dari Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah-Rendi Solihin.

“Karena di Kukar hanya satu paslon, jadi hanya penyampaian visi dan misi. Penyampaian itu akan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Saat ini kami masih menyusun dan menetapkan nama-nama tim dan materi rapat persiapan penyampaian visi dan misi,” kata Nofand.

Baca Juga  Matang Pilkada dengan Calon Tunggal, KPU Kukar “Berguru” ke KPU Kota Prabumulih

Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra menambahkan, saat ini KPU tengah menyusun format penyampaian visi dan misi calon bupati dan wakil bupati Kukar. Erlyando mengatakan, ada tujuh tema penyampaian visi dan misi yang rencananya akan dilaksanakan nantinya.

“Beberapa di antaranya yakni terkait dengan persoalan pembangunan, kesejahteraan rakyat dan strategi pencegahan Covid-19,” ungkapnya. (*/adv)

Penulis: Pewarta
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    Ok No thanks