Corak

Warga Batu Ampar Senang, Nikah Massal Jadi Program Prioritas

Warga Batu Ampar Senang, Nikah Massal Jadi Program Prioritas
Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang membahas usulan warga saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Batu Ampar. (Humas Pemkab Kutim)

Akurasi.id, Sangatta – Bagi warga Kecamatan Batu Ampar, Kutai Timur yang ingin menikah namun terkendala syarat-syarat yang tak mampu dipenuhi, kini tak perlu bersedih hati. Karena kabar gembira datang dari Pemkab Kutim, yang akan memberikan fasilitas program nikah massal tahun ini.

Program nikah massal menjadi usulan menarik yang diajukan pada Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Batu Ampar, Selasa (19/2/19) lalu. Masuknya nikah massal sebagai usulan di Musrenbang bukan tanpa alasan. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Batu Ampar tidak memiliki akta kelahiran. Sedangkan salah satu syarat untuk memiliki akte kelahiran adalah buku nikah bagi orang tua.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang usai melaksanakan Musrenbang di Kecamatan Batu Ampar. Tidak adanya buku nikah menjadi penyebab banyak warga yang tidak memiliki akta kelahiran. Agar memudahkan warga Batu Ampar terdaftar dan mendapatkan buku nikah, Camat Batu Ampar pun mewakili warganya mengusulkan nikah massal.

“Karena banyak permintaan dari masyarakat Batu Ampar untuk memiliki buku nikah, sehingga di musrenbang, Camat Batu Ampar pun mengusulkan nikah massal,” ungkap Kasmidi saat dikonfirmasi via telepon.

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutim, Kasmidi mengatakan, untuk tahun ini akan segera dilaksanakan program nikah massal baik muslim maupun non muslim di beberapa kecamatan yang telah mengusulkan. Kebetulan programnya ada di Disdukcapil.

“Masyarakatpun diminta mempersiapkan persyaratannya, seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, Disdukcapil memiliki program Kartu Identitas Anak (KIA), artinya dimulai dari 0 tahun sampai di bawah 17 tahun agar dipersiapkan juga,” jelasnya.

Dikatakannya, tujuan dilaksanakan program nikah massal ini selain untuk membantu meringankan beban warga dalam biaya pernikahan, juga memudahkan warga dalam pengurusan.

“Tujuannya meringankan biaya perkawinan serta mendapatkan buku nikah bagi warga, sehingga pengurusan surat-surat yang lainnya pun mudah,” ujar Kasmidi.

Menurut Kasmidi, dalam musrenbang ada beberapa kecamatan yang sudah mengajukan permintaan.

“Sudah diusulkan lewat musrenbang di Kecamatan Batu Ampar. Kami berharap tahun ini sudah bisa dilaksanakan dengan baik,” tutupnya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Yusva Alam

5/5 (1 Review)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close