HeadlineIsu Terkini

Warga Jakarta yang Bekerja di Kutim Positif Corona, Kini Dirawat di RSUD AWS Samarinda

rsud samarinda
Plt Kepala Dinkes Kaltim Andi Muhammad Ishak saat memberikan updet informasi corona di Kaltim, Rabu (8/4/20) hari ini. (Dok Humas Pemprov Kaltim)

Akurasi.id, Samarinda – Salah seorang warga Jakarta yang bekerja di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) kembali dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Rabu (8/4/20) sore tadi. Saat ini, pasien kini tengah dirawat di RSUD AW Sjahranie Samarinda.

baca juga: Kabar Baik, Hari Ini, Ada 3 Lagi Warga Balikpapan yang Sembuh dari Virus Corona

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Andi Muhammad Ishak, mengakui adanya satu tambahan pasien positif corona tersebut saat menggelar video telekonferensi dengan awak media, sore tadi.

“Pasien asal Kutim atau bisa disebut KTM4, seorang laki-laki berusia 54 tahun dan merupakan warga Jakarta yang bekerja di Kutim,” jelasnya.

Berdasarkan riwayat perjalanannya, pasien awal mulanya melakukan perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara APT Pranoto Samarinda untuk bekerja di salah satu perusahan di Kutim.

“Pada 19 Maret, KTM4 berobat di RSUD AW Sjahranie lantaran mengeluh sakit sesak nafas, pilek, dan sakit tenggorokan, dan disarankan melakukan isolasi mandiri di rumah,” terangnya.

Setelah mendapatkan anjuran untuk isolasi di rumah, KTM4 berangkat ke rumah orangtuanya yang berada di Kutai Kartanegara (Kukar). Namun selama melakukan isolasi di rumah, KTM4 masih mengeluhkan sakitnya.

Pada 26 Maret, KTM4 kembali memeriksakan dirinya di Rumah Sakit Dirgahayu, lantaran kondisinya yang tak kunjung sembuh. Sehingga pada tanggal 27 Maret, KTM4 dirujuk ke RSUD AW Sjahranie Samarinda dan dilakukan isolasi.

“Setelah menjalani isolasi, pasien dimasukkan dalam daftar orang dalam pengawasan (PDP),” kata Andi.

Berdasarkan hasil tes swab pada 27 Maret dan keluar pada 8 April ini, diketahui kalau pasien positif terinfeksi virus corona. Karena dari hasil uji Swab, dalam tubuh pasien menunjukkan adanya foto thorax pneumonia.

“Atas dar itu, pasien dinyatakan positif corona dan kini sedang menjalani perawatan medis di RSUD AW Sjahranie Samarinda. Saat ini kondisi pasien perlahan mulai membaik,” katanya.

Dia menambahkan, untuk orang dalam pengawasan (ODP) corona per tanggal 8 April ini, mengalami penambahan sebanyak 152 kasus. Kemudian PDP bertambah 6 kasus atau kini berjumlah 238 PDP.

“Tambahan 2 kasus PDP berasal dari Kukar, kemudian 3 kasus berasal dari Penajam Paser Utara (PPU), dan 1 kasus lagi berasal dari Samarinda,” tandasnya.

Untuk diketahui, dengan adanya tambahan pasien positif corona itu, maka total warga Kaltim yang terinfeksi Covid-19 sebanyak 32 orang. Terbanyak ada di Balikpapan sebanyak 17 kasus. (*)

Penulis : Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close