Corak

Windows 7 Segera Berakhir, Microsoft Dorong Upgrade Windows 10

Windows 7
Ilustrasi Windows 7. (sumber: internet)

Akurasi.id, Bontang – Pengguna PC dan Laptop yang masih menggunakan Windows 7 bersiaplah berbagai hadapi serangan virus. Pasalnya, mulai hari ini (14/1/20) Microsoft menghentikan dukungan terharap Windows 7.

baca juga: PT Sapta Mutu Utama Turut Mendukung Peringatan K3 Nasional ke-50

Mulai hari ini tidak akan lagi pembaruan (update) software atau perbaikan keamanan (security) dari Microsoft. Mulai hari ini Windows 7 akan memasuki fase end of life dimana tidak ada bantuan sama sekali bagi pengguna sistem operasi (OS) milik perusahaan Bill Gates ini.

“Ketika Windows 7 mencapai akhir dukungan pada 14 Januari 2020, komputer Anda masih akan berfungsi tetapi Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan teknis untuk masalah apapun, pembaruan perangkat lunak dan pembaharuan atau perbaikan keamanan,” tulis laman Microsoft, dikutip CNBC Indonesia, Selasa (12/1/20).

Untuk tetap beroperasi dengan aman, Microsoft menyarankan pengguna untuk segera melakukan upgrade sistem operasinya ke Windows 10 dan mengganti perangkat komputernya.

“Meskipun dimungkinkan untuk menginstal Windows 10 pada perangkat lama Anda, itu tidak dianjurkan,” masih menurut laman tersebut.

Melansir techradar.com, Sabtu (11/1/20), Windows 7 memang sudah beroperasi selama satu dekade bahkan lebih setelah diluncurkan pada 22 Juli 2009. Hingga saat ini, 39 persen dari total pengguna Microsoft masih menggunakan sistem operasi ini.

MAHYUNADI

Sebenarnya, dukungan yang diberikan Microsoft kepada Windows 7 sudah lama dikurangi, dimulai pada 13 Januari 2015. Selama periode tersebut hingga saat ini sebenarnya Windows 7 berada pada fase ‘extended support’.

Pada periode ‘extended support’ ini, sudah tak ada lagi fitur baru dan klaim garansi tidak lagi berlaku. Microsoft hanya memberikan dukungan untuk pembaruan guna ‘menambal’ sistem operasi ini untuk memastikan keamanan dan perbaikan bug. (*)

Editor: Suci Surya Dewi

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close