HeadlineIsu Terkini

WNA yang Berkunjung ke Samarinda Diduga Terpapar Corona, RSUD AW Sjahranie Angkat Bicara

WNA CORONA
Humas RSUD AW Sjahranie, Dr Arysia Andhina saat mengklarifikasi tentang pengunjung hotel yang terjangkit virus korona. (Muhammad Upi/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Senter terdengar jika salah satu pengunjung hotel di kawasan Jalan Mulawarman, Kecamatan Samarinda Kota, Samarinda, Sabtu (2/1/20) sekira pukul 17.40 Wita, diduga terjangkit virus corona. Kegaduhan pun sempat melebar melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp. Terdengar dari rekaman berdurasi sekira 1 menit, jika salah satu pengunjung hotel berstatus warga negara asing (WNA) tengah terjangkit virus corona. Rekaman itu pun mengatakan agar warga sekitar maupun pengunjung hotel lain bisa lebih waspada.

baca juga: Penyebaran hingga Ditularkan Kelelawar, Ini Fakta Terbaru Virus Corona

Dari informasi dihimpun, jika WNA ini dilarikan ke RSUD AW Sjahranie oleh pemandu lokalnya, yang mana berinisiatif membawanya untuk mendapatkan penanganan medis. WNA ini pun diketahui seorang pria, berinisial A dan sudah mencapai usia dewasa.

Kunjungannya ke Indonesia pun dikabarkan untuk mengurus sebuah pekerjaan. Ia sendiri bekerja di sebuah perusahaan kapal. Kedatangnya di Samarinda sudah beberapa waktu lalu. Ia datang melalui jalur air dan bertambat di seputaran Kecamatan Palaran.

Saat dilarikan ke rumah sakit, suhu tubuh dari WNA ini mencapai 38 hingga 39 derajat celsius. Kondisi ini nyaris mendekati ciri dari korban virus corona, yang mana suhu tubuhnya bisa mencapai 40 derajat celsius. Setelah mendapatkan perawatan medis secara intensif, pihak rumah sakit melalui Humas RSUD AW Sjahranie, Dr Arysia Andhina akhrinya memberikan hasil rekam mesinnya dalam konfrensi pers, Minggu (2/2/20) siang.

Meski kondisi suhu tubuh pasiennya begitu tinggi, namun dengan pasti Dr Arysia Andhina atau yang akrab disapa Sisi menegaskan, kalau itu bukan virus corona.

“Analisa medis kami mengatakan pasien tidak terindikasi virus corona. Hanya demam, batuk berdahak dan nyeri kepala biasa,” ungkap Sisi.

iklan-mahyunadi-MAJU-KUTIM-JAYA

Lebih jauh dijelaskannya, WNA ini pun terkonfirmasi berasal dari Benua Eropa. Sebelum ke Indonesia, ia dikabarkan sempat bertandang ke Bangkok, Thailand.

“Jadi dia tidak ada ke Cina (Tiongkok), atau pun negara lainnya yang terdampak virus corona,” imbuhnya.

Kondisi pasien WNA itu sendiri, saat ini masih dalam perawatan pihak RSUD AW Sjahranie seperti pasien pada umumnya. Ia pun tidak diisolasi, lantaran virus yang menjangkit hanya sekadar batuk pilek biasa. Kesehatannya pun perlahan terus membaik meski masih dalam rawat inap. “Kondisinya tenang-tenang saja,” ucapnya.

Sejauh ini, untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang menjadi ancaman kesehatan dunia. Pemerintah telah menyiapkan segala upaya. Tak terkecuali saat ini pihak rumah sakit terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Ini informasi hoaks. Kami mengimbau masyarakat jangan panik dan terpancing dengan berita yang belum jelas sumbernya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Upi
Editor: Dirhanuddin

Tags
Show More

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close