Advetorial

Yayasan Yabis Bagikan Ribuan Daging Kurban Menggunakan Besek Anyaman Bambu

Wujud Berbagi Kepada Sesama dan Dukung Program Bebas Plastik di Bontang

Yayasan Yabis Bagikan Ribuan Daging Kurban Menggunakan Besek Anyaman Bambu
Yayasan Yabis Bontang memanfaatkan besek yang terbuat dari anyaman bantu sebagai pengganti plastik untuk membagikan ribuan kantong daging hewan kurban. (Humas Yayasan Yabis Bontang for Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Momentum Hari Raya Iduladha selalu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh umat  Islam untuk dapat berbagi kepada sesama. Begitu juga dengan Yayasan Yabis Bontang. Rumah pendidikan yang telah berdiri sejak 18 Oktober 1986 ini juga melakukan hal yang sama pada hari raya kurban, Minggu (11/8/19).

Lembaga pendidikan yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, Nomor 40, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang, itu pada Iduladha kali ini, kembali menyembelih setidaknya sembilan ekor sapi dan tujuh ekor kambing.

Menariknya, hampir seluruh biaya pembelian hewan kurban itu merupakan hasil iuran atau patungan yang terkumpul dari semua unit yang ada di Yayasan Yabis. Dana sebesar Rp 217,6 juta berhasil dikumpulkan dalam kurun waktu tidak lebih dari sebulan.

Bagi Yayasan  Yabis, kegiatan berkurban sudah menjadi agenda tahunan dan hampir-hampir tidak pernah terlewatkan. Pada hari raya kurban kali ini, lembaga pendidikan dan dakwah, ini mengusung tema Dengan Berkurban Kita Tingkatkan Rasa Ketakwaan Kepada Allah.

Pemotongan hewan-hewan kurban tersebut dilakukan di halaman Aula Yabis pada Senin (12/8/19), disaksikan seluruh muqorib (orang yang berkurban), dewan pembina, pengawas, karyawan, dan pengurus Yayasan Yabis, mulai dari TPA, TK, SD, SMP, SMA, STTIB, hingga Rumah Sakit Islam Bontang.

Ketua Panitia Kurban Yayasan Yabis Bontang, Ardi Sofyan mengaku cukup bersyukur karena pada Hari Raya Iduladha kali ini, pihaknya kembali mampu melaksanakan kegiatan berkurban. Dia berharap, hal serupa masih dapat dilaksanakan tahun depan dengan jumlah hewan kurban yang lebih banyak lagi.

“Alhamdulillah, tahun ini kami cukup bersyukur karena kembali melaksanakan kegiatan kurban. Tahun ini, ada sembilan ekor sapi dan tujuh ekor kambing yang kami kurban. Dana yang terkumpul dari seluruh unit yayasan mencapai Rp 217,6 juta,” tutur dia kepada Akurasi.id.

Daging hasil pemotongan hewan kurban itu telah dibagikan kepada 1.130 kepala keluarga (KK), baik kepada warga yang berada di sekitar Yayasan Yabis maupun kepada warga Kota Bontang yang berhak mendapatkannya. Namun ada juga sebagian dari daging itu yang dibagikan kepada para siswa dan karyawan Yayasan Yabis.

Yayasan Yabis Bagikan Ribuan Daging Kurban Menggunakan Besek Anyaman Bambu
Pengurus Yayasan Yabis Bontang saat melakukan penyembilan hewan kurban di halaman Aula Yabis. (Humas Yayasan Yabis Bontang for Akurasi.id)

“Satu kesyukuran bagi kami tahun ini, pembagian daging kurban tidak lagi kami lakukan dengan plastik. Kami membangikan ribuan daging kurban itu memakai besek yang terbuat dari anyaman bambu. Dan itu sebagai salah satu dukungan kami kepada Pemerintah Bontang,” tutur Ardi.

Sementara itu, Ketua Harian Yayasan Yabis Bontang Saat Ardani berujar, bagi lembaga tempat dia bernaung, hari raya kurban adalah momentum terbaik untuk mengajak semua umat Islam berbagi kepada sesama.

“Ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap sesama. Momentum Hari Raya Iduladha ini adalah saat bagi kita semua berbagi kepada yang lain. Dan mari kita memaknai Iduladha ini dengan berkurban dan berbagai kepada sesama,” serunya.

Saat Ardani cukup berterima kasih kepada para muqorib yang telah mengamanahkan Yabis untuk melaksanakan pemotonga hewan kurban. Dia berharap, pada tahun depan, pihaknya masih dapat melaksanakan kegiatan serupa.

“Kami berharap, daging kurban yang telah kami berikan kepada para penerima dapat memberikan manfaat. Semoga jangan melihat berapa banyak atau jumlahnya. Tetapi itu adalah bentuk kepedulian kami terhadap sesama,” cakapnya. (*)

Penulis: Hermawan
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (1 Review)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close