HeadlineIsu Terkini

Selangkah Lagi Kaltim Akan Terpilih Sebagai Ibu Kota Negara

Selangkah Lagi Kaltim Akan Terpilih Sebagai Ibu Kota Negara
Hetifah Sjaifudian (Ufqil Mubin/Akurasi.id)

Akurasi.id, Samarinda – Ada dua provinsi yang terpilih sebagai kandidat kuat ibu kota negara Indonesia: Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Dua provinsi di Pulau Kalimantan ini kerap disebut Presiden Joko Widodo telah memenuhi sejumlah syarat sebagai calon ibu kota negara.

Anggota DPR RI dari Dapil Kaltim, Hetifah Sjaifudian, mengungkapkan, berdasarkan pertimbangan teknokratis atau pertimbangan teknis dari beragam penelitian, pemerintah pusat lebih memilih Kaltim sebagai ibu kota negara.

“Bisa dijamin infonya. Memang Kaltim-lah pilihannya. Tapi kalau keputusan akhir, tentu saja bukan hanya pertimbangan teknokratis,” ucapnya, Kamis (5/7/19).

Selain syarat tersebut, pemerintah pusat juga akan memilih ibu kota berdasarkan pertimbangan politis. Dasar lainnya, pemerintah akan memilih ibu kota berdasarkan partisipasi publik.

“Mungkin juga ada pertimbangan-pertimbangan lain. Itulah decision making di Indonesia. Selalu seperti itu,” katanya.

Dari segi partisipasi publik, apabila sebagian besar masyarakat menolak ibu kota dipindah ke Kaltim, maka ibu kota negara mestinya tak dipindah di Bumi Etam.

“Kalau tidak ada dukungan yang kuat, lebih baik [ibu kota] jangan [dipindah ke Kaltim]. Karena level of acceptance policy-nya akan rendah,” sebutnya.

Dia menilai, baik pemerintah maupun masyarakat Kaltim, belum satu suara untuk mendukung provinsi yang kaya sumber daya alam ini untuk dijadikan ibu kota negara.

Karena itu, politisi Partai Golkar ini menegaskan, semua elemen mesti menyatukan suara. “Mungkin kita harus bertemu. Baik pemerintah provinsi, DPRD, maupun masyarakat,” sarannya.

Apabila seluruh syarat tersebut telah terpenuhi dan Kaltim terpilih sebagai ibu kota, dia berpesan, pembangunan fasilitas pemerintahan mengedepankan kemampuan keuangan negara.

“Kita tidak ingin seperti ibu kota negara lain. Dibangun kemudian mangkrak. Kalaupun sudah dibangun, fisiknya seperti apa? Kita ingin seperti garden city. Bukan tiba-tiba ada beton. Pokoknya [pembangunan ibu kota berdasarkan] harapan rakyat Kaltim,” imbuh Hetifah. (*)

Penulis/Editor: Ufqil Mubin

5/5 (5 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close