Infografis

Pelayanan DPMPTSP Bontang Dapat Predikat Sangat Baik, Ragam Inovasi Jadi Kunci Suksesnya

Loading

Banner DPMPTSP

Pelayanan DPMPTSP Bontang Dapat Predikat Sangat Baik, Ragam Inovasi Jadi Kunci Suksesnya
Kualitas pelayanan perizinan di DPMPTSP Bontang dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatkan yang sangat signifikan. (Dok DPMPTSP Bontang)

Akurasi.id, Bontang – Performa pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bontang memang harus diakui. Dengan ragam inovasi pelayanan yang mereka hadirkan, pelayanan di DPMPTSP Bontang terus mengalami peningkatan yang sangat luar biasa.

baca juga: Dengan Sistem Online, Pandemi Covid-19 Tak Halangi DPMPTSP Bontang Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat

Hal itu dapat dilihat dari sisi pelayanan yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.  Contohnya saja, jumlah masyarakat yang mengajukan izin di DPMPTSP Bontang ada sebanyak 1.015 pengajuan dan izin yang yang telah rampung ada sebanyak 777.

Tidak hanya itu, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas kinerja dan pelayanan yang sudah diberikan DPMPTSP Bontang dari waktu ke waktu, pun terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Sehingga patut mendapatkan acungan jempol.

Jasa SMK3 dan ISO

Kepala DPMPTSP Bontang, Puguh Harjanto mengatakan, jika terhitung sejak awal Januari hingga 31 Juli 2020 ada sebanyak 870 pemohon yang sudah mengajukan permohonan perizinan di instansi tempat dia bekerja, dengan nilai IKM 94.66, nilai indeks 3.79.

“Yang juga sangat kami syukuri adalah, dari angka kepuasan pelayanan itu, mutu pelayanan mendapatkan predikat A atau sangat baik,” ujarnya, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga  Masuk Deretan Top 7 Perangkat Daerah Terinovatif, Ini Kata Diskominfo Bontang

Pelayanan DPMPTSP Bontang Dapat Predikat Sangat Baik, Ragam Inovasi Jadi Kunci Suksesnya

Seolah tidak ingin berpuas diri, Puguh mengaku, jika dibandingkan dengan tahun lalu tentunya tentu masih bayak kekurangan yang harus diperbaiki di tahun ini. Sejak awal tahun 2020 DPMPTSP secara terus menerus melakukan berbagai upaya pembenahan sehingga saat ini sudah lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Karena masih banyaknya para pemohon yang kurang memahami, jadi kami coba meningkatkan kegiatan sosialisasi dan menambah pelayanan konsultasi dan pengaduan dengan diberi nama tanya DPMPTSP,” katanya.

Baca Juga  DPMPTSP Bontang Monitoring Progres Pabrik Minyak Goreng, Puguh: PT EUP Selalu Ada Perkembangan

Jika melihat secara angka statistik terhadap pelayanan yang dimiliki DPMPTSP Bontang, Puguh pun mengakui, jika dibandingkan dengan tahun 2019 tentunya di tahun ini jauh lebih meningkat. Tahun lalu pemohon perizinan hanya ada sebanyak 505 orang, nilai IKM 84.66, nilai indeks dan mutu pelayanan pun hanya B atau baik.

“Dengan waktu yang sama, namun hanya berbeda tahun, alhamdulillah bisa melakukan perbaikan dan terus beriovasi demi kepuasan masyarakat yang lebih baik,” sebutnya.

Baca Juga  Pegawai DPMPTSP Pensiun, Pesan Puguh: Masa Purna Tugas, Bukan Akhir Aktivitas dan Kreativitas

Ia menambahkan, perbaikan demi perbaikan pelayanan di instansi yang dia nakhodai, tidak lepas dari kreativitas dan inovasi yang dilakukan seluruh pegawai DPMPTSP Bontang. Keinginan yang besar dari semua pegawai untuk melakukan perbaikan yang ada di instansi itu dianggap menjadi kunci suksesnya.

“Jadi kami hanya monitor saja kekurangan kami di mana, tentunya untuk perbaikan ke depannya dan untuk survei itu sendiri diisi langsung oleh para pemohon ketika pemohon melakukan pengajuan izin,” tandasnya. (*)

Penulis: Jisa
Dilengkapi: Dirhanuddin
Editor: Dirhanuddin

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button