News

Tergiur Dapat Uang Mudah dari Nonton Video, Empat Warga Samarinda Harus Kehilangan Jutaan Usai Tertipu Aplikasi Uang Saku

Loading

Tergiur Dapat Uang Mudah dari Nonton Video, Lima Warga Samarinda Harus Kehilangan Jutaan Usai Tertipu Aplikasi Uang Saku
Lima warga Samarinda melapor akibat merasa teritu jutaan rupiah di sebuah aplikasi uang saku. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Tergiur dapat uang mudah dari nonton video, empat warga Samarinda harus kehilangan jutaan dari aplikasi Uang Saku. Bukannya berharap untung, para korban justru mendapatkan buntung. Keutungan tak dapat diraih, uang yang diinvestaikan di aplikasi Uang Saku pun hilang.

Akurasi.id, Samarinda Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang penipuan TikTok Cash maupun diblokirnya Vtube. Kedua aplikasi ini menawarkan investasi dengan keuntungan besar dalam waktu singkat hanya dengan menonton iklan dan video di aplikasi tersebut. Hal itulah yang terjadi pada empat orang warga Samarinda.

Dengan mendatangi Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Pelita di Samarinda Ilir, keempat orang tersebut melapor lantaran merasa tertipu oleh aplikasi Uang Saku yang berskemakan ponzi. Mereka berempat mengaku menjadi korban penipuan dari aplikasi Uang Saku.

Uang saku sendiri merupakan aplikasi  yang mencari member dengan menjanjikan uang setiap hari dengan hanya menonton video di YouTube dan TikTok yang telah disediakan aplikasi tersebut. Member pun harus menyetorkan sejumlah uang dari ratusan ribu hingga jutaan dengan melakukan top-up pada aplikasi sebagai sarat pendaftaran member VIP.

Jasa SMK3 dan ISO

Namun belakangan, diketahui aplikasi Uang Saku tersebut teleh tutup pada 15 Februari 2020 lalu. Dan membuat para member ini kebingungan lantaran uang mereka belum kembali.

Salah satu member bernama Rudi warga Jalan Wahid Hasim yang pertama kali ikut bergabung dalam Uang Saku di wilayah Samarinda menjelaskan, awal mula ikut memang mendapatkan sejumlah uang dari aplikasi Uang Saku. Rudi sendiri bergabung dan menjadi member sejak bulan November 2020.

Untuk menjadi member VIP, Rudi menuturkan, para member bisa memilih tingkatan level dari VIP 1 hingga VIP 10. “Kalau VIP 1, member menyetor Rp200 ribu dengan penghasilan sehari Rp8 ribu, dan yang paling tinggi VIP 10, member harus setor Rp99 juta, dengan penghasilan Rp5 juta perharinya dengan hanya menjalan misi (menonton video),” jelas Rudi saat berada di Pos FKPM, Senin (22/2/2021).

Baca Juga  Remaja Ini Open BO Saat Bulan Ramadan di Aplikasi MiChat

Atas alasan itulah, Rudi pun mengajak rekan-rekannya untuk ikut bergabung, lantaran telah tiga bulan bergabung dan telah menerima sejumlah uang dari aplikasi tersebut. “Teman saya ada yang ikut VIP 3 dengan menyetor Rp6 juta, namun baru seminggu ternyata aplikasinya tutup,” tuturnya. “Bahkan ada yang menjual sapinya hanya karena ingin ikut dengan level yang lebih tinggi,” tambahnya.

Fany warga lambung, yang ikut melapor, mengatakan mengalami kerugian Rp10 juta dengan menjadi 2 member VIP sekaligus. “Baru satu minggu ikut, itu pun baru nemerima 1 juta, tapi ujung-ujungnya aplikasinya ditutup,” singkatnya.

Ketua FKPM Pelita, Marno Mukti mengatakan, total ada empat orang yang melapor seluruhnya dengan kerugian mencapai Rp22 juta, namun ada beberapa orang lagi yang tertipu namun tidak ikut melapor.

“Kami sarankan kepada mereka berempat melaporkan kasus ini ke Diskominfo Samarinda dan Polres untuk ditindak lanjuti. Buat masyarakat Samarinda, jangan mudah terpancing dengan aplikasi yang menerapkan skema ponzi yang tidak terdaftar OJK,” imbaunya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Print Friendly, PDF & Email

43 Comments

  1. online eğitim hakkında detaylı bilgi, uzman kadrosuyla tüm dünya’da geçerli sertifika ve eğitimler veren kurumsal eğitim firmamıza ulaşmak için hemen websitemizi ziyaret edin!

  2. Boyacı ustası hakkında detaylı billgi, anadolu yakasındaki en profesyonel, alanında uzman, titiz çalışan ve uygun fiyatlı boyacı ustası için hemen websitemizi ziyaret edin.

  3. Hasköy Haber hakkında detaylı bilgi veya en son haberleri anında öğrenmek ve gündemdeki gelişmeleri kaçırmamak için hemen şimdi bu web sitesini ziyaret edin!

  4. pubg hesap satın al hakkında detaylı bilgi veya oyun dünyasında öne çıkmak ve oyun parası ve scriptlerle rakiplerinize fark atmak için “https://atapazar.com/” sitesini keşfedin. En popüler oyunlara özel setlerimizi inceleyin ve oyun deneyiminizi zirveye taşıyın!

  5. Chat odaları hakkında detaylı bilgi veya yeni insanlarla tanışmak, keyifli sohbetler etmek ve yeni dostluklar kurmak için “https://www.sohbetozel.org/hakkimizda/” sayfasını ziyaret edin. Kendinizi özel hissetmeniz için buradayız, hemen katılın!

  6. Erzurum Emlak hakkında detaylı bilgi ve evinizi satmak, kiralamak veya yeni bir ev satın almak ya da kiralamak için harekete geçin ve Doguemlak’ın sunduğu geniş seçeneklerden hemen şimdi web sitesi adresimizi ziyaret ederek faydalanın!

  7. dekoratif hediyelik ev eşyası hakkında detaylı bilgi için veya en uygun fiyatlarla evinizdeki atmosferi dönüştürmek ve benzersiz dekoratif ürünlerle şıklığı yakalamak için hemen “https://www.hikwo.com/” adresini ziyaret edin ve seçiminizi yapın!

  8. Elazığ Emlak hakkında detaylı bilgi ve evinizi satmak, kiralamak veya yeni bir ev satın almak ya da kiralamak için harekete geçin ve Doguemlak’ın sunduğu geniş seçeneklerden hemen şimdi web sitesi adresimizi ziyaret ederek faydalanın!

  9. jaman sekarang gak punya modal gak punya barang aja bisa jualan loh via online, hidup ma yg realistis aja sih mau uang iya kerja bukan nya nontonin video, mending kuota nya di pake buat jadi agen agen online shop lebih bermanfaat dan pasti bisa ngasilin uang haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button