DPRD KaltimIsu TerkiniRagam

Komisi II DPRD Kaltim Kunjungi PPI Kenyamukan, Siap Perbaiki Fasilitas

Komisi II DPRD Kaltim Kunjungi PPI Kenyamukan, Siap Perbaiki Fasilitas
Komisi II DPRD Kaltim saat mengunjungi PPI Kenyamukan (istimewa)

Dalam kunjungan rombongan Komisi II DPRD Kaltim, Sutomo Jabir berjanji seluruh area di PPI Kenyamukan akan dibenahi.

Akurasi.id, Samarinda – Komisi II DPRD Provinsi Kaltim melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Kenyamukan Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) beberapa waktu lalu.

Kunjungan tersebut dalam rangka memaksimalkan pemenuhan kebutuhan perikanan dan potensi pendapatan di daerah itu.

Baca Juga  Mudahnya Tertipu Aplikasi Nonton Video Dapat Uang, Vtube hingga Uang Saku, Diskominfo Ingatkan Literasi Digital

Dalam kunjungan itu ada tiga anggota Komisi II DPRD Kaltim yang ikut serta, yaitu Sutomo Jabir, Safuad dan Siti Rizky Amelia. Ketiganya disambut oleh Kordinator PPI Sangatta Fahrurrazi serta turut hadir Danposal Nur rofik dan Polairud Polda Kaltim, Putra O Ginting.

“Kunjungan ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan PPI Sangatta kedepannya,” kata Sutomo Jabir.

Diketahui berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 telah menyebutkan jika wewenang mengelola wilayah pesisir sampai dengan delapan mil ke laut merupakan wewenang Provinsi.

Merujuk pada hal itu, Sutomo Jabir berjanji seluruh area di PPI Kenyamukan akan dibenahi. Termasuk di Sangatta karena ia menilai jika PPI Kenyamukan  yang ada di Sangatta itu sangat potensial melihat area pantai yang ada sangat luas.

“Kedepannya kami akan dukung penuh dan siap membangunkan fasilitas infrastruktur di PPI Kenyamukan. Sehingga menarik minat para nelayan-nelayan untuk mendaratkan hasil lautnya di PPI Sangatta dan diharapkan produksi ikan dapat semakin banyak,” jelasnya.

Baca Juga  Diklaim Turunkan 80 Persen Kasus Covid, Ini Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jilid 4

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator PPI Sangatta, Fahrurrazi menyambut baik kunjungan Komisi II DPRD Kaltim ini. Ia berharap jika legislator dapat mengetahui permasalahan yang ada di PPI Kenyamukan yang berada di Sangatta ini.

Salah satunya, ada banyak keluhan nelayan mengenai pendangkalan di muara jalur masuk nelayan dan sarana prasarana di PPI kurang memadai. Sehingga dari keluhan itu menurutnya perlu adanya pembenahan di PPI Kenyamukan.

“Keluhan nelayan misalnya masalah pendangkalan di muara jalur masuk nelayan yang kurang memadai. Dan di situ perlu adanya perbaikan,” ungkapnya.

Dari hasil kunjungan ini, Fahrurazzi mengharapkan dari Komisi II DPRD Kaltim dapat lebih memperhatikan PPI Kenyamukan agar mendorong pembenahan baik dari sisi operasional maupun sarana dan prasarana.

“Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat lebih memperhatikan PPI di sini, agar dapat berkembang menjadi lebih baik, baik dari sisi operasional maupun sarana dan prasarananya sehingga mampu bersaing dengan PPI lain di Kaltim,” pungkas Fahrurazzi.(*)

Penulis: Muhammad Kurniawan
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks